Jelang Ramadhan 2023 Pemkab Ciamis Revitalisasi Alun alun Ciamis – Apa alasannya?

Jelang Ramadhan 2023 Pemkab Ciamis Revitalisasi Alun alun Ciamis - Apa alasannya?
0 Komentar

Sumber: Instagram

Jelang bulan Ramadhan Pemkab Ciamis tahun ini melaukan revitalisasi alun alun Ciamis. Dimana anggaran yang di keluarkan adalah sebesar 11,5 M. Sungguh dana yang sangat besar. Apa saja yang akan di revitalisasi oleh Pemkab Ciamis?

1. Masjid

Majid adalah salah satu tempat beribadah umat islam. Masjid alun-alun Ciamis kini sedang di adakan revitalisasi khususnya area pelataran masjid yang menjadi fokus utama untuk di revitalisasi.

2. Perpustakaan

Perpustakaan dekat alun alun Ciamis merupakan salah satu tempat untuk mebaca bagi masyarakat umum. Pemkab Ciamis memperhatikan betul Perpustakaan di dekat alun-alun karena salah satu destinasi wisata dalam meningkatkan budaya literasi membaca pada masyarakat.

Baca Juga:Indahnya Alun-alun Ciamis saat Malam HariAlun-alun Ciamis

3. Taman

Tahun 2018 sebetul nya sudah dilakukan revitalisasi akan tetapi tidak menyeluruh. Tahun sekarang akan dilakukan perbaikan khusus nya membuat taman yang lebih bagus lagi. Salah satu tempat yang sering di kunjungi oleh masyarakat ketika liburan.

Alun-alun (dulu di tulis aloen-aloen atau aloon-aloon) merupakan suatulapangan terbuka yang luas dan berumput yang di kelilingi oleh jalan dan dapatdi gunakan kegiatan masyarakat yang beragam.di buat oleh fatahillah, MenurutVan Romondt. Alun-alun Ciamis merupakan salah satu tempat favorit bagi masyarakat Ciamis. Namun tahun ini akan di laksanakan revitalisasi.

Berikut ini alasan Pemkab merevitalisasi Alun-alun Ciamis:

1) Mendukung UMKM Masyarakat

Alasan yang pertama Pemkab merevitaslisasi alun-alun Ciamis yakni untuk mendukung pelaku usaha UMKM masyarakat Ciamis. UMKM Usaha kecil dan menengah adalah transaksi atau usaha perorangan, rumah tangga atau usaha kecil. Pengklasifikasian nya tergantung pada jumlah omzet tahunan, jumlah aset atau dana dan jumlah karyawan. Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis memiliki beberapa UMKM antara lain : Ratu Pakseng, Kerupuk Sangray “Qiaqu”, Bakpia Sari Rasa dan masih banyak lagi.

2) Persiapan Bulan Ramadhan

Tinggal menghitung beberapa hari lagi ramadhan akan tiba. Pemkab Ciamis melaksanakan revitalisasi guna menyambut bulan ramadhan. Bulan ramadhan adalah salah satu bulan suci bagi orang yang beragama Islam. Masyarakat Ciamis ketika bulan Ramadhan pasti banyak yang ngabuburit. Salah satu destinasi wisata religi yang wajib di kunjungi yakni alun-alun Ciamis karena ada Masjid dan banyak sekali yang berjualan takjil.

Takjil sangat banyak di buru oleh orang berpuasa khususnya oleh masyarakat Ciamis. Dengan demikian alasan Pemkab Ciamis merevitalisasi alun-alun.

0 Komentar