wadidaw ini dia Kuliner Indramayu yang terkenal NasiLengko

kuliner cimanuk indramayu
0 Komentar

RADARCIREBON.TV-wadidaw ini dia Kuliner Indramayu yang terkenal NasiLengko, Berada di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, membuat kuliner Cirebon kaya akan percampuran budaya.

Selain lezat, berbagai kuliner khas dari Kota Udang ini juga kaya akan sejarah dan cerita. Salah satu makanan khas yang populer dari kota ini adalah Nasi Lengko.

Ya, nama Nasi Lengko tentu sudah tak asing lagi bagi para penduduk Cirebon maupun wisatawan yang kerap bertandang ke sana. Ternyata, hidangan ini juga menyimpan cerita yang menarik, lho.

Baca Juga:Toko Cahaya Foto Copy menjual  Alat Alat Tulis,Sepatu Sandal Dll…Datang ya3 Wisata Alam Ciamis  belajar sejarah dan instagramable..

Namanya yang sedikit unik berasal dari kata langka atau jarang. Penamaan tersebut merupakan representasi dari sedikitnya jumlah lauk dari Nasi Lengko sendiri.

Selain itu, kata lengko juga kerap dikaitkan dengan pembuatan dari sajian tersebut yang diaduk-aduk hingga tercampur merata, sehingga menghasilkan tekstur yang kental atau lekoh.Bahkan, tak sedikit pula yang mengaitkan kata lengko dengan akronim ‘lengkap dan ekonomis’.

Lauk yang di gunakan sebagai campuran dalam Nasi Lengko memang sangat bervariasi dan sederhana.Terdiri dari nasi putih, tahu, tempe, tauge, daun kucai, mentimun, dan bawang goreng, Nasi Lengko kemudian di tambahkan dengan samball kacang dan kecap yang diaduk hingga merata.

Ternyata, kesederhanaan dari sajian ini bukan tanpa alasan, lho.Hidangan ini merupakan kreasi dari penduduk Cirebon untuk menyiasati kesulitan ekonomi yang terjadi pada masa pasca kemerdekaan.Makanan ini pun menjadi santapan populer bagi rakyat biasa kala itu.

Variasi lauk pauk di sajian Nasi Lengko yang di dominasi dengan protein nabati membuatnya menjadi hidangan yang menyehatkan.

Apalagi, tidak ada tambahan daging di dalamnya, sehingga membuatnya bebas kolesterol.

Kini, Nasi Lengko kerap di sandingkan bersama sate kambing atau lauk lainnya seperti telur dadar sebagai tambahan lauknya.Dan biasanya, hidangan ini juga di temani dengan kerupuk aci putih yang renyah dan gurih. Lezat!

Baca Juga:Mari kita cek Tempat Makanan di Ciamis yang terkenal..Makanan Khas Ciamis Apa ya??yap Galendo

Selain di tempat asalnya, Nasi Lengko juga dapat dengan mudah ditemukan di daerah sepanjang jalur Pantai Utara Jawa, tepatnya di Brebes, Tegal, Indramayu, dan sekitarnya. Harganya pun tak mahal, hanya dengan Rp 10 ribu saja, sajian Nasi Lengko hangat sudah dapat memuaskan rasa laparmu.

Tertarik mencicipinya?

jika kalina orang ciayummajakuning kalian bisa nih datang ke Nasi lengko H.Barno Yang recommended

Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123Jam:Buka â‹… Tutup pukul 22.00

Silahkan datang dan jalan jalan ke daerah pantura pasti banyak di temukan makanan nasi lengko ini,jika kalian perantau nih kalian bisa cari makanan kaki lima atau restoran yang menjual nasi lengko,jika kalian malam pun bisa pesan di gopood di smartphone kalian…

0 Komentar