Durian Bawor Wenak!!

durian bawor
durian bawor
0 Komentar

Durian bawor  adalah jenis tanaman yang tahan cuaca panas. Bawor  juga buah yang enak dan cocok buat di nikmati bersama keluarga siang hari di ambil dari nama salah seorang tokoh Punakawan pengikut Pandawa, yang berhati mulia. Namun, bawor juga akronim dari batang bawah owor-owor alias campur-campur. Menurut berbagai sumber penamaan bawor sendiri tak lepas dari ikon rakyat Banyumas. Bawor adalah sebutan bagi sosok punakawan Bagong, adik dari Petruk. Nama Petruk sendiri sudah ngetop sebagai durian lokal asal Jepara.

Durian Bawor Yang Manis?

DURIAN BAWOR

Sejarah penemuan durian bawor, tak lepas dari nama Sarno Ahmad Darsono. Sarno adalah seorang guru sekolah dasar di Alas Malang, Kemranjen, Banyumas. Sejak lahir Sarno sudah di anugerahi kemampuan naluriah menilai durian. Naluri bawaan Sarno terhadap durian begitu kuat.

Cukup melihat biji nya, ia tahu jenis durian itu. Pengalaman nya semasa kecil menemani sang ayah mencari durian hingga ke pelosok desa membuat Sarno Ahmad Darsono terobsesi pada durian. Durian yang di kembangkan di dusun Blau Desa Permanu Kecamatan Pakisaji ini merupakan hasil okulasi dan silangan dari hasil produksi dari banyumas beberapa tahun yang lalu.

Baca Juga:Durian Montong Yang Manis!!Mobil Toyota Fortuner 2022

Kelebihan utama durian bawor warna kuning adalah saat buah tidak terlalu matang, durian tetap berasa manis. Sedang yang berwarna orange menyala, saat tidak terlalu matang buah berasa lebih tawar tetapi saat sudah matang buahnya terasa lebih pahit legit. Musim durian biasanya sekali dalam setahun. Berbeda dengan durian pada umumnya, pohon durian bawor mempunyai keistimewaan yang bernilai ekonomis tinggi, yaitu pohon berbunga dan berbuah sepanjang tahun.  Sehingga, pohon dapat dipanen tiga kali dalam setahun.

NIKMATNYA DURIAN BAWOR

Sementara, harga buahnya saat ini yaitu Rp 80.000, untuk setiap kilogramnya. Kelihatannya harga itu sangat mahal namun setelah saya  datang  kesanasebagian durian yang sudah berbuah sudah berbarcode atau sudah dipesan.

Pemeliharaan tanaman ini meliputi penggemburan tanah bawah pohon induk, pengairan, pemupukan dan pembersihan selesah gulma dan lain nya.

0 Komentar