Rekor Dunia Inilah Foto Ogoh-ogoh Bali Terbesar Tahun 2023

Rekor Dunia Inilah Foto Ogoh-ogoh Bali Terbesar Tahun 2023
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Siapa sih yang belum tahu dengan pawai Ogoh-ogoh. Masyarakat Bali pasti tahu betul ogoh-ogoh itu apa. Tahun 2023 ini Bali kembali mengadakai pawai ogoh-ogoh dan memiliki berbagai bentuk dari yang terkecil sampai terbesar pun ada sampai mendapatkan rekor dunia.

Penasaran? Jenis ogoh-ogoh apa sih yang terbesar di Dunia. Pastinya ada di Bali yah. Ini dia Ogoh-ogoh terbesar tahun 2023:

Ogoh-ogoh Buta Kala

Ogoh-ogoh Buta kala ini salah satu yang terbesar dalam Pawai menyambut Hari Nyepi 2023.

Baca Juga:Belum Banyak Tahu Makna dari Festival Ogoh-ogoh 2023 di Bali IndonesiaHotel Dekat Stasiun Pekalongan Lagi Banyak Promo Menarik

Selanjutnya ini merupakan jenis patung dengan ciri-ciri sebagai berikut:Ukuran tubuhnya besar dan panjang, matanya besar, cemerlang (mengkilat), wajahnya tampak liar, mulut dan hidungnya besar, giginya besar mengkilat dan giginya tajam, perutnya memanjang, kukunya panjang dan tajam, dan memiliki rambut gimbal dan berantakan. Kemudian, Setelah ogoh-ogoh di arak keliling desa adat, ogoh-ogoh di bakar.

Ogoh-ogoh Itihasa

Selanjutnya yang ini merupakan salah satu jenis ogoh-ogoh yang di buat berdasarkan cerita pewayangan Mahabarata dan Ramayana. Kemudian, dari cerita-cerita tersebut, anak muda mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk ogoh-ogoh. Kisah yang sering di angkat anak muda dalam ekspresi seninya adalah kisah penculikan Dewi Sita oleh raksasa Rahwana dalam kisah Ramayana.

Selanjutnya, Ogoh-Ogoh jenis ini sering di pajang di pinggir jalan setelah pawai desa dan bisa di jadikan spot foto bagi wisatawan yang kebetulan lewat dan melihat Ogoh-Ogoh.

Sumber: Instagram

Ogoh-ogoh Kontemporer

Kemudian yang ketiga yakni ogoh-ogoh kontemporer, jenis ogoh-ogoh, yang ceritanya dibawa ke kehidupan sehari-hari dan sering dijadikan kritik sosial. Jadi Ogoh-Ogoh kontemporer dari imajinasinya didasarkan pada isu-isu sosial yang sering muncul dan karakternya sebagai duta masyarakat.

Umumnya ogoh-ogoh seperti ini memiliki corak yang unik dari jenis ogoh-ogoh lainnya. Berikut adalah gambar jenis ogoh ogoh modern. 

Itulah jenis Ogoh-Ogoh Bali 2023 yang akan ditampilkan di Pawai tahun ini. Ada yang terbesar dan akan menjadi rekor dunia.

0 Komentar