Batik Khas Cirebon Berbeda Dengan Daerah Lain, Ini Dia 5 Motif nya Yang Bagus Banget

Batik khas Cirebon
Batik khas Cirebon
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Selain terkenal dengan terasi udang nya, Kota Cirebon juga terkenal dengan batik khas Cirebon nya.

Cirebon juga memiliki tempat khusus penjualan batik beserta tempat produksinya yaitu berada di Desa Trusmi, Kabupaten Cirebon.

Batik Cirebon punya dua jenis, yaitu batik keraton serta batik daerah pesisir atau di kenal juga dengan nama batik Trusmi.

Baca Juga:Wong Cherbon, Ini Dia Sejarah Desa Trusmi di Kabupaten CirebonAHAY, Ini Dia Harga Daihatsu Terios Terbaru, Cekidot!

Batik keraton ini umumnya memiliki warna yang cenderung lebih gelap. Sedangkan batik pesisir lebih di dominasi warna-warna dasar dan cerah.

Lalu apa saja motif-motif unik dan khas Batik dari Cirebon ini? Apakah kamu penasaran? Yuk kita lihat berbagai motif nya di bawah ini!

1. Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung

Hal yang satu ini sudah sangat populer di Cirebon. Saking populer nya, motif batik ini sering kali di gunakan untuk seragam sekolah di hari tertentu.

Oleh karena itu, Batik ini merupakan ikon dari batik asal Cirebon ini. Bentuk dari motif ini ialah awan yang khas denga bentuk lancip, lonjong, menyerupai segitiga.

2. Motif Batik Singa Barong

Batik Singa Barong

Selanjutnya adalah motif dari batik yang satu ini. Motif batik ini memadukan unsur-unsur alam di dalam nya. Mulai dari ornamen alam seperti pohon, tanaman, hewan serta pemandangan seperti hutan dan gunung di gambarkan dengan rapi di dalam batik ini.

3. Batik Paksinaga Liman

Batik Paksinaga Liman

Kemudian, ada batik yang satu ini, yaitu bentuk paksinaga yang terdiri atas 3 bentuk binatang yaitu paksi dari garuda, naga yakni ular, dan liman artinya gajah. Batik ini di buat dengan warna dasar putih dengan motif nya berwarna coklat.

4. Batik Taman Teratai

Batik Taman Teratai

Lalu ada batik dengan keindahan bunga teratai menginspirasi motif batik yang satu ini. Bunga teratai yang bisa tumbuh di sepanjang wilayah, menjulang dan subur ini menjadi salah satu filosopi hidup masyarakat Cirebon.

5. Batik Patran Keris

Batik Patran Keris

Baca Juga:Libur Tlah Tiba! Ini Dia Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor Terbaru Tahun 2023Mau Healing Tapi Low Budget? Ini Dia 4 Curug Daerah Bogor yang Recommended Buat Kamu Guys

Dan yang terakhir adalah batik khas yang satu ini. Motif dari batik ini memang lah terlihat sangat klasik. Warna nya begitu khas dengan corak coklat gelap dan hitam. Tak seperti batik-batik yang lainnya, batik ini memang tidak ada ornamen dan gambar tambahan lainnya.

0 Komentar