My Darling.., Kenalan dengan Tarling, Yuk! Apa, Sih?

Ini dia Tarling yang terkenal
Ini dia Tarling yang terkenal
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ada banyak genre lagu yang bisa kamu dengarkan di dunia ini, dari hip-hop, reggae, pop, orkestra, solo, kroncong, jazz, hingga tarling dangdut.

Tarling menjadi salah satu genre lagu yang populer di dengarkan masyarakat, apalagi kalau mampir ke Cirebon. Lagu tarling seolah sudah menjadi bagian daripada kehidupan itu sendiri.

Tarling, secara umum merupakan singkatan dari gitar lan suling. Lalu apakah hanya sebatas itu?

Apa sebenarnya tarling? Simak di bawah ini, kawan.

Baca Juga:Bukan Cuma Industri, Ada Juga Wisata Alam di Bekasi, Cek!Mobil Terios Terbaru, Uww, Keren!

Apa itu Tarling?

Seni ini adalah salah satu genre musik yang populer di wilayah pesisir Pantai Utara (Pantura) Jawa Barat, terutama wilayah Indramayu dan Cirebon. Tarling memang identik gitar dan suling atau seruling.

Melansir dari detik, pada tahun 1930-an, genre khas Indramayu ini merupakan transformasi lagu gamelan atau tangga nada pentatonis yang di olah ke dalam melodi gitar atau diantonis.

Kemudian, seiring perjalanan waktu, pada tahun 2017, musik Tarling Indramayu masuk dalam warisan budaya tak benda (WBTB).

Bahkan, dalam proses perjalanannya kesenian tersebut kian berubah dan terus berinovasi. Dari awalnya hanya sekadar seni musik, kini kesenian tersebut juga bisa mengikuti alur sebuah drama.

Mengutip dari laman Kemdikbud, kesenian ini lebih populer di daerah Indramayu dan Cirebon sebab masyarakat di daerah pesisir seperti di kedua daerah tersebut lebih suka mengungkapkan perasaannya langsung secara verbal.

Oleh karena itu, nilai dan makna yang terkandung dalam seni tarling lebih diarahkan pada segi hiburan namun di sertai syair yang menceritakan ketabahan menghadapi penderitaan.

Hal tersebut sendiri ada jenisnya yang disebut Kiser atau tembang merupakan satu lagu yang umumnya di ciptakan dari alur kisah atau nasihat yang ditransformasikan ke dalam bentuk melodi.

Baca Juga:Putih dan Hitam Paling Laris, Ini Varian Warna Xpander Cross 2023Terbaik di Kelasnya! Inilah Grand Wisata Bekasi!

Contoh Lagu Tarling

Salah satu tokoh atau penyanyi yang mempopulerkan lagu genre ini ialah Dian Anic.

Dian Anic Octaviani atau yang lebih di kenal cukup dengan Dian Anic, lahir pada 10 Oktober tahun 1987 silam di Cirebon.

Nama Dian Anic sebagai artis panggung musik tarling Cirebonan tentunya sudah di kenal dan banyak menarik perhatian masyarakat. Kepopulerannya tidak hanya di Cirebon-Indramayu.

Dian Anic juga bahkan di lansir sangat populer di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, hingga Jawa Timur. Bahkan namanya sangat dikenal di beberapa negara tetangga.

Lagu-lagunya pun amat populer dan hampir jutaan pendengar di Youtube.

lagu-lagu Dian Anic yang bisa kamu nikmati secara gratis di youtube. Berikut di bawah ini:

  • Jaluk Imbuh
  • Arjuna Ireng
  • Iler Walet
  • Nganggo Onder
  • Sabda Cinta
  • Aja Ngganali
  • Kecewa
  • Wareg Ngekepi

Itulah sobat, mengenai kesenian ini dan beberapa contoh lagu yang di populerkan Dian Anic. Kamu termasuk penggemar lagu ini?***

0 Komentar