Makanan Khas Tegal Mantap !!

makanan khas tegal
makanan khas tegal
0 Komentar

Tegal adalah salah satu kabupaten dan kota yang terletak di Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Tegal yang bisa Anda cicipi saat mengunjungi daerah bekas Karesidenan Pekalongan ini. 

Kuliner khas Tegal juga sangat beragam. Makanan khas Tegal sangat di pengaruhi oleh letak geografisnya yang berada di Pantai Utara Jawa.

Selain itu, ada kesamaan budaya juga membuat makanan khas Tegal bisa di temui di Kabupaten Brebes lantaran letak nya bersebelahan. Untuk itu, jika mampir ke daerah ini.

Baca Juga:Perang Petasan di Brebes Viral Media SosialPolisi Bekuk Pelaku Curas

Makanan khas Tegal?

Ada cukup banyak makanan khas Tegal yang bisa Anda coba. Ragam kuliner khas Tegal memiliki cita rasa yang berbeda baik asin, manis, gurih, atau pedas. 

Selain itu, hidangan yang tersedia pun bervariasi baik itu makanan berat atau makanan ringan

Berikut sederet makanan khas Tegal Jawa Tengah sebagaimana dikutip dari buku Makanan Khas Tegal (2021), oleh Ahazrina, Penerbit Elementa Media:

1 Sega lengko

Sega lengko

Sega Lengko dalam bahasa Tegal artinya adalah sebuah makanan khas Tegal yang cocok disantap di waktu kapanpun. Di Tegal, banyak sekali pedagang yang menjual nasi lengko atau sega lengko.

Nasi lengko sebenarnya adalah makanan tradisional dari Cirebon. Namun, kemudian menyebar ke Tegal dan Brebes sehingga jadi kuliner khas kedua daerah di Timur Cirebon tersebut.  

2 Kupat bongkok

Kupat bongkok

kupat bongkok. Sama seperti kupat yang lain nya, kupat bongkok di buat dari ketupat sebagai bahan utama dengan di siram kuah. 

Wow enak ya ??

Namun, berbeda dengan kupat lainnya, kupat bongkok menggunakan kuah kare tempe dan mie kenyol. Kuah kare dalam makanan ini cukup unik karena menggunakan tempe semangit atau tempe yang sengaja dibusukkan.

Baca Juga:3 Perampok Lintas Provinsi Dicokok4 Jenis Vespa Matic Unyu

keunikan lain dari kupat bongkok adalah olahan mie kenyol atau kerupuk mie yang di rebus hingga lembek dan dimasak dengan bumbu pedas.

3 Rujak Teplak

Rujak Teplak

makanan khas Tegal yang berupa olahan bermacam-macam buah yang di campur dengan sambal kacang dan gula merah. Rasa yang di hasilkan pun segar, asam, gurih, dan pedas.

Rujak Teplak adalah olahan beragam macam sayuran yang terdiri dari kangkung atau bayam, kol,daun singkong, timun, jantung pisang, pare, dan petai china yang di campur sambal rujak nya yang khas.

4 Sate kemronyos

SATE KEMRONYOS

Kemronyos adalah makanan khas Tegal berupa sate yang terbuat dari bahan dasar daging kambing. Namun, berbeda dengan sate lain nya, sate kemronyos di bakar tanpa di bumbui terlebih dahulu.

Sate Kemronyos ini merupakan hidangan yang cocok di santap ketika malam hari. Sate ini banyak di jual di pinggir jalan, baik di Kota Tegal maupun Kabupaten Tegal.

0 Komentar