Oleh Oleh Khas Purwokerto

oleh oleh khas purwokerto
oleh oleh khas purwokerto
0 Komentar

Kota Purwokerto adalah kota yang tidak hanya di suguhkan oleh beragam destinasi menarik saja. Ada berbagai makanan khas sampai buah tangan yang wajib banget kamu bawa pulang. Dari sekian banyak oleh-oleh khas Purwokerto, ada 18 buah tangan wajib yang tidak boleh kamu lewatkan. Mau tau apa saja 18 oleh-oleh Purwokerto tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

ini adalah beberapa di antaranya yuk, lihat ??

1 Es Badeg

Es Badeg purwokerto

Minuman khas Purwokerto ini memang sudah lama terkenal. Terbuat dari sari bunga kelapa menghasilkan rasa segar dan manis dalam setiap teguk. Proses pembuatan nya pun mudah, yakni bahan utama ini difermentasi selama satu sampai dua hari hingga jadilah minuman yang d ikenal dengan Badeg.

Es Badeg kini bisa di temui di setiap sisi Purwakarta, para penjual menjajakan dengan berkeliling di sekitaran jalan atau komplek rumah. Ada pula di sebagian tempat oleh-oleh yang menjual minuman Badeg memakai botol sebagai buah tangan, tentunya akan lebih praktis saat dibawa pulang oleh wisatawan. 

2  Telur Asin

  Telur Asin

Baca Juga:Trend Fashion Thrift Diminati MasyarakatSidang Lanjutan Tipikor Mantan Bupati Cirebon Sunjaya

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu menyukai makanan satu ini. Berasal dari telur bebek, panganan ini populer di daerah Purwokerto dan hingga sekarang semakin banyak di produksi. Telur bebek dibersihkan kemudian direndam ke dalam larutan air garam selama kurang lebih 12 hari hingga satu bulan.

3 Dage

Dage

Bentuknya mirip tempe, maka jika di goreng biasanya sulit membedakan antara dage atau tempe goreng. Selain itu, tekstur nya renyah dan cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Di pasar tradisional Purwokerto, jika kamu membeli Dage dalam jumlah banyak maka harga yang di patok dapat menjadi cukup murah. Jadi, tak sabar ingin mengolah Dage untuk lauk dan disantap dengan orang tercinta?

4 Kue Nopia

Kue Nopia

Cara membuat Kue Nopia tidak di goreng, melainkan di panggang dengan tungku atau perapian khusus. Karena semakin banyaknya produsen Nopia, maka kue ini sudah tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti coklat, durian, bawang, stroberi, keju dan pandan. Jadi, jangan lupa bawa pulang kue Nopia khas Purwokerto dan nikmati bersama keluarga tercinta di rumah.

5 Lupis

Lupis

Cara membuat nya pun lumayan mudah, dengan di kukus memakai daun pisang agar menghasilkan aroma khas.

Lupis disajikan dengan tambahan gula merah cair atau parutan kelapa di bagian atasnya. Rasa jajanan ini manis dan sedikit asin. Biasanya Lupis banyak ditemukan di pasar tradisional Purwokerto, harganya pun terjangkau jadi cocok sebagai buah tangan.

0 Komentar