Makanan Ringan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat
makanan khas jawa barat
0 Komentar

Jawa Barat adalah provinsi yang banyak wisata dan makanan khasnya , kurang lengkap jika kamu tidak mencoba makanan khas nya. Ya, ada banyak sekali memang rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang sangat populer di daerah asalnya. Meski makanan seperti comro dan karedok bisa kamu temukan di tempat lain, namun memakannya di tempat asalnya tentu sangat berbeda.

Cita rasa yang di tawarkan makanan khas Jawa Barat ini tentu saja tidak akan kamu dapatkan di tempat lain. Pasal nya, makanan-makanan khas suatu daerah, jika di makan langsung dari tempat misalnya akan di olah dengan cara yang tradisional sehingga menciptakan rasa yang sangat otentik.

Kamu tentu akan menyesal jika tidak mencoba makanan khas Jawa Barat selagi berada di daerah nya. Sudah jauh-jauh ke tanah Sunda, eh tidak mencoba olahan khas nya. Tentu sangat di sayangkan. Oleh karena itu, yuk coba rekomendasi olahan khas Jawa Barat yang harus di coba. Makanan-makanan ini sangat lezat lho, dan di jamin bakal bikin kamu ngiler!

1 Karedok

KAREDOK

Baca Juga:Dinas PUTR Wilayah 3 Melakukan Perbaikan JalanLurah Cantik Dipusaran Kasus Gratifikasi Sunjaya 

Makanan khas Jawa Barat berikutnya adalah karedok. Secara penampilan, karedok mirip dengan gado-gado yang populer di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari beberapa jenis sayuran segar yang di siram bumbu kacang di atas nya. Namun bedanya, karedok menggunakan sayuran mentah, alih-alih sayuran yang sudah direbus seperti dalam gado-gado

2 Lotek

LOTEK

 lotek adalah sayuran segar yang sudah di rebus hingga masak. Sayuran ini kemudian akan di tambahkan dengan ketupat, telur rebus, bakwan, dan kerupuk. Setelah itu, bahan-bahan ini akan di guyur bumbu kacang. Oh ya, yang membedakan bumbu lotek dengan bumbu kacang pada makanan lain adalah adanya terasi. Ini merupakan bahan yang jarang digunakan di bumbu kacang untuk gado-gado maupun karedok.

3 Peuyeum

Peuyeum

Makanan khas Jawa Barat ini adalah hasil fermentasi dari singkong yang direbus kemudian ditambahkan ragi. Warnanya putih sedikit kuning dengan rasa manis yang mendominasi. Kalau di Jawa Tengah dan Jawa Timur, peuyeum ini disebut dengan tape singkong.

singkong di taburi ragi untuk merangsang pertumbuhan jamur dalam proses fermentasi. Proses fermentasi akan makan waktu sedikit lama untuk memastikan singkong sudah menjadi peuyeum.

4 Ubi Cilembu

Ubi Cilembu

Ubi cilembu adalah makanan khas Jawa Barat yang berbahan dasar ubi. Sebenarnya, ubi ini bentuknya mirip dengan ubi yang ada di daerah lain. Namun, ubi cilembu ini adalah jenis ubi di Jawa Barat dengan rasa yang sangat manis. Oleh sebab itu, masyarakat lokal sering memakan ubi cilembu ini sebagai jajanan di sore hari, dinikmati bersama dengan teh hangat.

0 Komentar