Tanggul Sungai Rawan Jebol

0 Komentar

Tanggul sungai di Desa Kasugangan Kidul Kecamatan Depok perlu diperbaiki lagi agar tidak kembali jebol jika terjadi hujan deras, urugan tanah dan kawat dianggap tidak cukup kuat untuk menahan debit air tinggi.

Beberapa bulan lalu, tanggul sungai di Desa Kasugengan Kidul sempat jebol dikarenakan hujan deras yang hampir setiap hari, yang mengakibatkan debit air menjadi tinggi, sehingga sungai tidak bisa menahan derasnya aliran air, dan menyebabkan tanggul menjadi jebol.

Meski tanggul yang jebol telah dilakukan perbaikan, namun sayangnya perbaikan hanya dilakukan dengan cara menanam kawat besi di area tanggul yang jebol, dan diurug dengan tanah. Sehingga warga khawatir tanggul akan kembali jebol karena beberapa hari terakhir ini Kabupaten Cirebon dilanda hujan deras yang menyebabkan banjir dibanyak tempat.

Baca Juga:Sosialsiasi Perda PesantrenPT Nirwana Disebut Ingkar Janji  

Selain dinilai kurang kuat dalam menahan debit air yang tinggi, perbaikan tanggul tersebut juga menyebabkan warga menjadi kesulitan ketika melewati area tanggul yang jebol karena khawatir akan terluka jika terkena kawat besi. Saat ini pun sudah terlihat ada retakan tanah didekat tanggul sungai yang dikhawatirkan akan menyebabkan tanggul sungai jebol lagi.

Warga berharap tanggul sungai diperbaiki lagi dengan cara dicor menggunakan kawat besi yang cukup tebal dan juga campuran semen dan batu agar kuat ketika menahan debit air yang tinggi. Sehingga warga tidak khawatir tanggul kembali jebol.

0 Komentar