informasi Bandara Jenderal Besar (JB) Purbalingga !!

bandara purbalingga
bandara purbalingga
0 Komentar

Hallo apa kabar semua sahabat Radar semoga baik baik saja kali ini Mimin akan

berikan artikel sedikit tentang informasi bandara Purbalingga apa aja cihh?? kepo ya hahaha..

 pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba Purbalingga telah mencapai 83,84 persen. Angka tersebut hampir mendekati angka perhitungan kontrak, yakni 99,50 persen.

Baca Juga:Wisata Bogor Indahnya !!!Honda Scoopy ‘Rival’ 2023

vakum selama hampir satu tahun akibat pandemi Covid-19, Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, kembali melayani penerbangan komersial. Bahkan, pada Jumat (5/8/2022), Bandara JB Soedirman telah melayani penerbangan perdana maskapai Wings Air dengan rute Pondok Cabe-Purbalingga pergi pulang.

Bandara Soedirman itu baru saja di sambangi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi berharap bandara yang memiliki landasan pacu (run way) 1.600×30 meter ini akan memberi kontribusi ekonomi terhadap daerah di sekitar Purbalingga, seperti Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, hingga Kebumen.

5 fakta Bandara Soedirman Purbalingga :

1. Digagas Ganjar Pranowo

Gagasan Purbalingga memiliki bandara muncul pada tahun 2006. Ketika itu, Ganjar yang masih merupakan anggota DPR RI dan Bupati Purbalingga kala itu, Triono Budi Sasongko, ngobrol soal gagasan membangun bandara komersial di Purbalingga.

2. Beroperasi mulai tanggal 1 Juni

Bandara Jenderal Besar Soedirman telah beroperasi sejak 1 Juni lalu. Bandara ini telah melakukan penerbangan komersil perdananya pada 3 juni 2021.

Adapun maskapai yang terbang dari Bandara JBS yaitu Citilink dengan rute Jakarta (Halim Perdanakusuma)- Purbalingga (Bandara Jenderal Besar Soedirman), dan Surabaya-Purbalingga.

3. Infrastruktur bandara

memiliki landasan pacu (run way) 1.600 x30 dengan 2 apron untuk pesawat militer dan pesawat komersil. Nantinya bandara akan terus dibangun dengan menambah panjang runaway 2.250 dan terminal permanen.

4. Target selesai pembangunan 2023

akan 100 persen rampung pada kuartal I 2023 mendatang. Nantinya, pada tahapan pertama dibidik lalu lintas sebesar 200 ribu orang.

Baca Juga:Warga Korban Tanah Bergerak Di Desa Banjarsari Minta Direlokasi Warga Ingin Perbaikan Jalan Guna Betonisasi

5. Pengembangan bandara ditinjau oleh Jokowi

Presiden Jokowi bersama romobongan tiba di Bandar JBS pada Jumat pagi ini dengan menggunakan pesawat ATR 72-600 dari Bandara Halim Perdanakusuma. Jokowi juga berharap pembangunan badnara ini berkontribusi untuk menumbuhkan ekonomi. Tidak hanya untuk wilayah Purbalingga saja, namun juga daerah sekitarnya

Dalam melayani penerbangan di Bandara JB Soedirman, Wings Air mengoperasikan pesawat jenis ATR 72-600 dan untuk sementara hanya dilakukan setiap hari Jumat. Jadwal keberangkatan dari Bandara Pondok Cabe menuju Bandara JB Soedirman pada pukul 08.20 WIB, selanjutnya di berangkatkan kembali dari Bandara JB Soedirman menuju Bandara Pondok Cabe pada pukul 09.50 WIB. 

0 Komentar