Info Tiket Mudik 2023 !!

mudik 2023
mudik 2023
0 Komentar

Hallo apa kabar semoga baik dan puasa lancar lancar aja amin, kali ini mimin ingin membahas tentang informasi tentang

yang mau mudik nanti baca dulu ya informasinya makasih …

 Tiket mudik 2023 untuk Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) sudah bisa di pesan pada Selasa, 7 Maret 2023.

Tiket mudik Idul Fitri 1444 Hijriah bisa di pesan untuk keberangkatan H-10 sampai H-1 atau jadwal perjalanan hingga 21 April 2023.

Baca Juga:Uang Koin Kuno yang Paling Dicari KolektorCara Memantau Penerbangan Pesawat dengan Aplikasi Android

Mudik 2023 yang antusias ??

Pada 20 Februari 2023 lalu, melakukan survei  internal melalui media sosial,

baik Instagram maupun Twitter yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana

antusiasme masyarakat melakukan mudik di tahun 2023.

Hasilnya, tercatat hampir 70 persen responden yang mengikuti survei berencana melakukan mudik. Artinya, antusiasme masyarakat untuk mudik Lebaran pada tahun ini terbilang tinggi. Berdasarkan survei tersebut, juga diketahui bahwa budget yang mereka persiapkan saat mudik berkisar di antara Rp2–4 Juta. 

Responden pun turut memilih moda transportasi favorit untuk mudik. Sebanyak 34 persen responden berencana menggunakan transportasi pesawat, 22 persen responden memilih kereta api, 14 persen responden menggunakan bus dan travel, dan 30 persen responden

lainnya memilih kendaraan pribadi.

Berdasarkan hasil survei, juga menemukan bahwa responden paling banyak melakukan persiapan pemesanan tiket mudik yaitu 1–2 bulan sebelum keberangkatan dan seminggu sebelum keberangkatan.

 hasil tersebut, terlihat bahwa masyarakat Indonesia cenderung lebih matang dalam merencanakan perjalanan mudik, termasuk preferensi pembelian tiket mudik

pulang-pergi (PP) yang banyak di pilih.

Sementara sebanyak 19 persen responden tertarik mudik sendiri. Selain itu, rata-rata dari mereka ingin menghabiskan waktu selama satu minggu di kampung halaman.

“Tiket sudah dapat di pesan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh Channel resmi penjualan tiket KAI lainnya,” kata Kepala Hubungan Masyarakat Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, melalui rilis resmi Selasa, 7 Maret 2023. 

Baca Juga:Ringtone Nokia Jadul Yang Melegenda !Melihat Wisata Ungaran Yang Indah !!

Penjualan tiket Angkutan Lebaran kali ini, KAI menerapkan kebijakan pembelian tiket dapat di lakukan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan. 

Sejak 26 Februari 2023 penumpang sudah dapat membeli tiket Kereta Api (KA) keberangkatan awal dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk jadwal berangkat 12 sampai 21 April 2023.

 kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas atau fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster. 

Kriteria Atau Syarat Calon Penumpang !!

Berikut aturan lengkap tentang Vaksin untuk penumpang KAJJ berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan yang berlaku saat ini :

1. Usia 18 tahun ke atas :

a. Wajib vaksin ketiga (booster).b. WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua.b. Tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

2. Usia 6-12 tahun:

a. Wajib vaksin kedua.b. Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin.c. Tidak atau belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas atau fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua atau orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. 

Orang tua atau orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan. 

3. Usia 13-17 tahun :

a. Wajib vaksin kedua.b. Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin.c. Tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket mudik 2023 dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen.

makasih.

0 Komentar