Terminal Klaten Rasa Terminal Bandara Jadi Terminal Terbaik di Jawa Tengah

Terminal Klaten Rasa Terminal Bandara Jadi Terminal Terbaik di Jawa Tengah
Sumber : dephub.go.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Hai bestie Radar Cirebon! kalian tahu gak sih bahwa Terminal Klaten sekarang jadi terminal terbaik di Jawa Tengah loh… Kenapa yah? Oke Penasaran kan, Simak terus yah bestie..!

Terminal Ir. Soekarno | Terminal Klaten

Terminal Klaten kini mempunyai nama yang resmi yakni Terminal Ir. Soekarno. Sebagaimana di lansir dari laman resmi dephub.go.id bahwa Terminal Ir Soekarno di Klaten mendapatkan penghargaan sebagai Terminal Penumpang Tipe A terbaik di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jawa Tengah, DIY). Penghargaan ini di serahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Pekan Keselamatan Jalan Nasional 2018 di Semarang Agustus lalu.

Dengan kesempurnaan fasilitas yang ada, terminal ini juga terpilih sebagai terminal representatif di Jawa Tengah dalam pilot project social engineering dengan total 16 terminal di seluruh Indonesia. Ini melanjutkan pengelolaan terminal penumpang tipe A yang sejak 2017 menjadi tanggung jawab negara.

Baca Juga:Nokia X5 | Harga dan Spesifikasi LengkapKelebihan dan Kekurangan Nokia E75

Atas dasar itu, perubahan positif harus di lakukan baik dalam pengelolaan terminal maupun peningkatan pelayanan. Seluruh terminal penumpang Tipe A di Indonesia di dorong untuk terus menerapkan regulasi yang ada, khususnya di 16 terminal percontohan.

Terminal Klaten Tengah merupakan pengalihan dari Terminal Klaten di Jonggrang Utara. Sekaligus menambah tipe terminal dari tipe B menjadi tipe A. Sejak 2008, di rencanakan pembangunan terminal di Zentralklaten. Sejak itu, studi pendahuluan tentang relokasi terminal penumpang telah di luncurkan. 

Pembangunan Terminal Ir. Soekarno dimulai tahun 2012 dengan pematangan lahan dari anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Klaten. Untuk pembangunan konstruksi dimulai tahun 2013 sampai dengan 2015 dari anggaran APBD Kabupaten Klaten, sedangkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mulai dialokasikan pada 2014 sampai dengan sekarang.

Terminal Rasa Bandara

Memasuki terminal seluas 32.760 m2 serasa di bandara. Petunjuk arah dan zonasi tersedia dengan jelas, sehingga memudahkan penumpang untuk menggunakannya. Berbagai fasilitas juga telah disiapkan untuk menjaga kenyamanan masyarakat. “Fasilitas di sini umumnya sempurna, kami juga memberikan pelayanan kepada masyarakat 24 jam sehari,” kata Koordinator Terminal Tipe A Ir Soekarno, Marjono.

Untuk menjamin kenyamanan penumpang, terminal memiliki ruang merokok, ruang tunggu, ruang menyusui, dan musala. Meski hanya ada 12 petugas kebersihan, terminal ini selalu dibersihkan seperti dibersihkan setiap pagi dan sore. Petugas juga selalu melakukan pembersihan rutin, termasuk dilarang merokok dimanapun, untuk menjamin kenyamanan penumpang.

Selain fasilitas untuk penumpang, terminal ini juga menyediakan fasilitas untuk pengemudi bus seperti bengkel dan tempat istirahat pengemudi. Ini adalah area relaksasi yang bersih dan nyaman yang dapat menampung hingga delapan orang. Kamar ini memiliki tempat tidur lipat, TV, dapur, dan musala. Bagian atas tempat ini terbuat dari kaca, sehingga tidak perlu menggunakan lampu pada siang hari untuk meminimalkan konsumsi listrik untuk penerangan. Pada saat yang sama, tempat kerja terminal ini menawarkan ruang untuk lima bus. 

Itu dia alasan kenapa Terminal Klaten jadi Terminal Terbaik di Jawa Tengah.

0 Komentar