Harga Kepiting Tembus 400 Ribu

0 Komentar

Berbeda dengan ikan yang saat ini kurang diminati, komoditi lainnya yakni kepiting justru menjadi buruan bahkan hingga ke tingkat ekspor. Tidak tanggung-tanggung, harga jual kepiting yang dipasarkan hanya 120-150 perkilogram, ditingkat ekspor hingga mencapai 400 ribu perkilogramnya.

Penjualan kepiting di pasaran luar negeri atau ekspor dinilai lebih menjanjikan keuntungan yang lebih besar bagi para pedagang dibandingkan dijual di dalam negeri, atau secara lokal. Kondisi itu membuat pedagang kepiting mampu meraup keuntungan berlipat.

Salah seorang penjual kepiting di Pasar Ikan Gebang mengaku, dirinya menjual kepiting telor secara lokal hanya 120 hingga 150 ribu perkilogramnya. Namun harga itu naik 3 kali lipat jika dijual ke luar negeri yakni negara negara tetangga di Asia.

Baca Juga:Harga Ikan di Pasar Gebang Mulai NormalTim Task Force Kasultanan Kacirebonan Resmi Dibentuk

Dari satu kilogram itu berisi kepiting 3 ekor dengan bobot masing masing 3 ons lebih. Kepiting kepiting yang dijual ini didapat dari nelayan lokal di wilayah Gebang.

Sementara itu, kenaikan harga kepiting ini terjadi pasca lebaran. Meski ada larangan diperjualbelikan khususnya kepiting telur untuk pelestarian ekosistem laut, namun pada kenyataannya kepiting tersebut masih banyak dijumpai di pasar ikan.

0 Komentar