Janji KSP Bangun Breakwater Tak Kunjung Direalisasi

0 Komentar

Janji Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, untuk membangun tanggul pemecah ombak atau breakwater tak kunjung direalisasi. Untuk mencegah masuknya air rob ke tambak garam, para petani garam Rawaurip beramai ramai membangun bendungan disekitar lokasi tambak.

Seperti inilah upaya yang dilakukan petani garam dan masyarakat Desa Rawaurip Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon untuk mencegah air laut masuk ke sekitar tambak garam. Mereka membuat bendungan di beberapa titik yang menjadi sumber masuknya pasang air laut atau banjir rob.

Upaya ini dilakukan petani garam lantaran sebentar lagi memasuki masa panen. Jika tidak dibendung, maka dipastikan tambak garam akan tergenang air dan garam yang siap dipanen akan gagal.

Baca Juga:DLH Bersihkan TPS SetupatokMemasuki Musim Kemarau Petani Kekurangan Pasokan Air

Kuwu Desa Rawaurip mengatakan, di bulan lima ini masyarakat Desa Rawaurip akan panen raya garam. Jika tidak ada tindakan, meskipun banjir rob merupakan fenomena alam, namun warga berusaha meminimalisir terjangan rob dengan membangun tanggul atau bendungan.

Sementara itu, sudah 6 tahun petani garam di Kecamatan Pangenan yang menjadi sentra penghasil garam justru tak bisa menghasilkan garam. Petani garam berharap agar ada perhatian dari pemerintah dalam penanggulangan banjir rob.

0 Komentar