Tradisi Mapag Sri Desa Sinarancang

0 Komentar

Tradisi mapagsri sebagai wujud syukur masyarakat digelar di Desa Sinarancang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, Minggu pagi. Warga mengarak hasil pertanian dan juga sejumlah ogoh ogoh.

Sebagai wujud rasa syukur atas hasil pertanian yang cukup melimpah dan juga rezeki yang didapat masyarakat pada tahun ini, masyarakat Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, menggelar tradisi mapag sri yang dilaksanakan di desa setempat, Minggu pagi.

Warga mengarak hasil pertanian dan juga sejumlah ogoh ogoh keliling desa. Kegiatan ini pun dihadiri artis pantura, Diana Sastra. Camat Mundu, Anwar Sadat yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, tradisi mapag sri merupakan agenda tradisi dan budaya yang rutin digelar setiap tahun.

Baca Juga:Sisir Keberadaan TPS LiarFestival Kesenian Burok Kecamatan Babakan

Banyak makna yang terkandung dalam kegiatan tradisi mapag sri ini, yakni sebagi wujud rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan banyak rezeki kepada masyarakat, khususnya masyarakat petani dengan hasil panen yang melimpah.

Sementara, kegiatan yang setiap tahun digelar agar terus dilestarikan oleh generasi penerus sehingga tradisi ini tidak punah ditelan waktu.

0 Komentar