Manis Dan Gurihnya Kue Tapel

0 Komentar

Salah satu jajan khas Cirebon yang mungkin sudah jarang kita temui yaitu kue tapel. Di Jalan Pagongan Kota Cirebon pemirsa bisa mencicipi kuliner yang memiliki rasa manis dan gurih ini. Penasaran, yuk kita simak liputannya berikut.

Ini dia pemirsa, jajanan khas Cirebon yang harus anda coba, kue tapel. Kue tapel ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, parutan kelapa, ketan, potongan pisang dan gula merah.

Cara pembuatannya cukup unik, pertama-tama tepung beras yang telah dijadikan adonan bersama dengan parutan kelapa, dimasak di atas wajan. Tidak lama setelahnya, adonan ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya, seperti ketan, gula merah dan potongan buah pisang.

Baca Juga:7 Perangkat Desa Adukan Nasib Ke Komisi I DPRD Kab. CirebonPeningkatan Jalan Desa Cisaat

Semua bahan tersebut kemudian dihaluskan dengan cara ditekan-tekan hingga semuanya merata, alat yang digunakan untuk mencampur bahan itu pun cukup unik, yaitu dengan menggunakan potongan batok kelapa.

Karena proses pembuatnya di tekan-tekan atau warga Cirebon menyebutnya diepel-epel. Membuat jajanan ini disebut kue tapel.

Untuk rasa dari kuliner ini manis dan gurih. Teksturnya garing di luar dan lembut di dalam saat digigit.

Harga 1 kue tapel Ibu Lena yang sudah berjualan lebih dari 50 tahun ini sangat terjangkau yaitu 7500 rupiah.

Untuk pemirsa yang penasaran dengan rasanya, bisa datang ke Jalan Pagongan atau lebih tepatnya di RW 04 Pekalangan Utara, Kelurahan Pekalangan, Kota Cirebon. Lokasinya memang ada di dalam sebuah gang. Tapi jajanan yang satu ini sudah sangat familiar.

0 Komentar