Petugas Cek Kesehatan Hewan Kurban

0 Komentar

Jelang kurban Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan Kota Tegal, melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak, Rabu siang. Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan hewan kurban di Kota Tegal dalam kondisi sehat.

Sejumlah lokasi penggemukan dan peternakan kambing dan sapi di Kota Tegal, didatangi sejumlah petugas bidang pertanian dan peternakan Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan Kota Tegal. Petugas memeriksa satu persatu hewan kurban.

Salah satunya penggemukan kambing di Kelurahan Slerok Kecamatan Tegal Timur. Petugas memeriksa secara detail kondisi fisik kambing mulai dari mata, hidung, mulut dan kaki, sebelum dijual ke konsumen.

Baca Juga:Sidang Lanjutan Praperadilan Kasus NotarisPenitipan Hewan Kurban Di Saraeland

Plt Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan DKPPP Kota Tegal, Dokter Hewan Liza Atikah mengatakan selain memeriksa kambing agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku (PMK) serta penyakit lumpy skin disease (LSD) atau penyakit kulit pada hewan kurban. Petugas DKPPP juga memberikan obat cacing dan vitamin pada hewan kurban agar terhindar dari penyakit cacing hati.

Total peternakan dan penggemukan sapi dan kambing di Kota Tegal mencapai 397 lokasi. Yakni terdiri dari sejumlah 7 peternakan sapi, 198 peternakan kambing dan 192 peternakan domba. Pemeriksaan kesehatan tersebut akan dilakukan secara intens hingga Hari Raya Idul Adha.

0 Komentar