No Ribet-ribet! Begini Cara Pasang Set Top Box, Mudah dan Cepat!

No Ribet-ribet! Begini Cara Pasang Set Top Box, Mudah dan Cepat!
Cara Pasang Set Top Box (builder.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kini kamu bisa menikmati siaran digital dengan cara pasang set top box sendiri di rumah.

Sudah sejak tahun lalu, siaran analog sudah mulai di hentikan. Setelah di hentikannya siaran analog, kini untuk menikmati tayangan di televisi, masyarakat perlu menggunakan alat bernama Set Top Box (STB).

Alat tersebut dapat membantu untuk mengonversi sinyal digital agar menghasilkan gambar dan suara pada televisi. Untuk bisa mendapatkan alat tersebut pun mudah.

Baca Juga:Ayah Bunda Sedang Cari Mobil Remote Control dengan Harga Murah? Ada di Sini Rekomendasinya LohSuntuk Sama Skripsian? Datang Aja ke Tempat Liburan yang Bagus di Jogja, Auto Semangat Lagi!

Dapat di beli di berbagai toko elektronik online maupun offline. Jika bingung ingin membeli alat dengan merek apa, bisa mengakses laman Kominfo yang dapat mengecek sertifikat STB.

Caranya mengeceknya, buka laman siarandigital.kominfo.go.id lalu pilih opsi Cek Sertifikat Set Top Box. Setelah memilih opsi tersebut, maka akan muncul tabel yang berisi merek apa saja yang sudan mendapat sertifikat dari Kominfo. Selain menyebutkan merek, Kominfo juga menyediakan info tempat pembelian STB tersebut.

Untuk beberapa daftar merek yang telah bersertifikat Kominfo, ada beberapa daftarnya. Seperti Polytron (PDV 600T2), Evercross (STB1), Tanaka (T2), Matrix (Apple), Akari dan masih banyak lagi merek lainnya.

Cara Pasang Set Top Box

Setelah membeli STB, tentunya harus di pasang pada TV agar siaran digital dapat di tangkap dengan baik. Namun, bagaimana caranya? Jangan bingung, berikut penjelasan mengenai cara memasang STB.

1. Siapkan perangkat yang akan di pasang, baik TV maupun STB (namun jangan lupa pastikan bahwa STB yang akan di pasang, telah berjenis DVB-T2

2. Setelah langkah di atas telah di lakukan, maka lanjut untuk langkah selanjutnya yaitu matikan TV

    3. Lalu, sambungkan kabel antena ke STB

    4. Kemudian, sambungkan kabel RCA yang berwarna merah, kuning dan putih ke STB

    5. Hidupkan TV dan STB dengan menggunakan remote

    6. Pilih opsi mode AV pada TV

    7. Pilih opsi menu “pencarian saluran” lalu pilih “pencarian otomatis”

    Baca Juga:Auto Ngiler! HP Lipat dari Motorola Razr 5G dengan Kamera dan RAM BesarLagi Liburan di Ciwidey, Jangan Lupa Bawa Makanan dan Minuman Ini Buat Jadi Oleh-oleh Khas

    8. Langkah terakhir, pilih opsi “simpan” dan siaran TV pun sudah siap untuk di nikmati

    Demikian, itulah cara pasang set top box. Bagaimana, mudah bukan?

    0 Komentar