Apakah TV LED Termasuk TV Digital? – Simak Perbedaan Keduanya

Apakah TV LED Termasuk TV Digital? - Simak Perbedaan Keduanya
Ilustrasi TV Digital. Foto: Unsplash
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sering bingung gak cara membedakan mana TV LED dan TV Digital?. Lantas apakah TV LED termasuk TV digital?. Yuk simak artikel ini sampai habis!

Sekilas Info

Belakangan ini, beberapa orang khawatir karena tidak bisa lagi menggunakan televisi atau televisi analog. Ini karena pemerintah telah menghentikan siaran TV analog. Namun, masyarakat tetap bisa menonton siaran televisi melalui transmisi digital.

Salah satu cara menonton siaran TV digital adalah dengan menggunakan set-top box (STB). Alat ini dapat mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat dilihat di televisi analog tradisional. Selain itu, ada berbagai jenis TV yang sudah mendukung fitur ini. Salah satunya adalah TV LED (Light Emitting Diode). Namun, tidak semua TV LED adalah TV digital. Untuk memudahkan Anda membedakannya, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga:Dompet Kamu Gemuk? Yuk Beli Mobil Sunroof Besar – Jangan Sampe Istri NgamukHP Murah RAM Besar 4G Dibawah 1 Juta Cocok Buat Anak Sekolah SMP & SMA

Ciri-ciri Keduanya

TV LED memiliki beberapa fitur yang dapat menangkap sinyal digital. Untuk menangkap sinyal digital, televisi membutuhkan penerima televisi dengan sinyal DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial Second Generation).

Cara termudah untuk mengetahui fitur-fitur TV LED,lihat deskripsi spesifikasi. TV LED dengan kemampuan DVB-T2 dapat di sertifikasi sebagai TV digital.

Selain itu, Anda dapat menggunakan website Broadcastdigital.kominfo.go.id yang di kelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kemudian pilih menu “Perangkat TV Digital”. Di menu ini Anda akan melihat daftar jenis TV dari berbagai merek yang mendukung menonton siaran digital. 

Kualitas Gambar dan Suara Lebih Jernih

Salah satu perbedaan terbesar antara televisi digital dan analog adalah kualitas siarannya. TV digital dapat menampilkan kualitas gambar dalam definisi tinggi (HD) hingga resolusi 4K. Beberapa televisi digital juga di lengkapi dengan teknologi suara surround seperti Dolby Audio.

Selanjutnya Kualitas gambar dan suara televisi digital jauh lebih jernih di bandingkan dengan televisi analog, sehingga lebih nikmat untuk ditonton. Maka tak heran jika banyak orang yang lebih memilih beralih ke TV digital. Dengan transmisi televisi analog, kualitas sinyal memburuk semakin jauh lokasi penerima dari lokasi transmisi. Hal ini menyebabkan kualitas gambar televisi analog menjadi tidak jelas.

Kemudian, Berbeda dengan transmisi sinyal televisi digital yang relatif stabil dan tidak mengalami degradasi. Selama penerima dapat menerima sinyal, gambar dan suara konten siaran dapat dinikmati dengan kualitas yang baik. 

0 Komentar