Apa itu Hidroponik, Pengertian dan Jenis-Jenis Tanaman Hidroponik!

https://www.merdeka.com/sumut/7-jenis-tanaman-hidroponik-sayur-yang-mudah-ditanaman-cocok-untuk-pemula-kln.html
https://www.merdeka.com/sumut/7-jenis-tanaman-hidroponik-sayur-yang-mudah-ditanaman-cocok-untuk-pemula-kln.html
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kira-kira Kalian Pada Tau Ga Sih Tanaman Hidroponik Itu Apa? Nah buat yang belum tau kalian bisa simak baik-baik di sni yaa, karena radarcirebon akan menjelaskan tentang tanaman hidroponik.

Tanaman hidroponik adalah tanaman yang media tanamnya bukan berupa tanah. Teknik menanam yang satu ini biasanya menggunakan media tanam air, Tanaman hidroponik juga tidak membutuhkan banyak air, tidak perlu melakukan penyiraman seperti tanaman yang di tanam pada media tanah.

Teknik penanaman merupakan teknik bercocok tanam yang ramah lingkungan. Sayuran yang di tanam dengan lebih sehat serta aman di konsumsi. Sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan tanaman.

Baca Juga:Sharp Aquos Android TV Terbaik – Berikut Review dan Spesifikasi nya!Murah Bangett! Berikut 5 Hp Murah Dengan Kualitas Jaringan 4G LTE

Namun sebenarnya sudah banyak orang yang menggunakan metode penanaman tanaman yang satu ini.v Perkembangan metode penanaman yang satu ini memang tidak mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Pasalnya, beberapa orang merasa ragu untuk menerapkannya karena khawatir mengenai kuantitas hasil panennya. Namun sebenarnya hasil panen dari teknik menanam memiliki kualitas dan kuantitas yang baik.

Teknik menanam tidak dapat di terapkan untuk semua jenis tanaman. Hanya beberapa saja yang cocok dan mampu tumbuh subur dengan hasil yang memuaskan.

Teknik menanam hidroponik sendiri sangat cocok di terapkan bagi anda yang memiliki lahan terbatas. Anda tidak membutuhkan lahan berupa tanah luas, gantikan saja dengan teknik menanam hidroponik.

Jenis metode penanaman hidroponik. Antara lain yaitu:

? Hydroponic Kultur Agregat

Teknik penanaman ini menggunakan media pasir, kerikil, sekam padi, arang dan bahan-bahan yang sudah di sterilkan.

? Hydroponic Kultur Air

Teknik penanaman yang satu ini menggunakan larutan hara mikro dan makro. Di mana penanaman tanaman di lakukan dengan pada sebuah media dan larutan tersebut di letakkan di bagian dasar. Tujuannya yaitu agar akar tanaman dapat menyerap dan menyentuh larutan yang kaya akan nutrisi tersebut.

? Hydroponic Nutrient Film Technique

Teknik penanaman ini di lakukan pada selokan yang sempit dan panjang. Media tanamnya dapat di buat dari lempengan logam yang tipis dan juga anti karat, Selanjutnya selokan akan di beri nutrisi pada airnya untuk di serap tumbuhan yang di tanam. Lama-kelamaan akan muncul lapisan tipis yang di sebut film di sekitar daerah akar tanaman. Fungsi film tersebut yaitu sebagai makanan tanaman tersebut.

Baca Juga:Kamu Sedang Mencari Mobil Kecil yang Baru ? Kesini Aja Ada Rekomendasi Mobil Kecil Terbaru Dengan Harga Murah.Harga Murah, Spesifikasi Wah! Siapa Lagi Kalau Bukan Infinix Zero 20.

Untuk teknik penanaman hidroponik yang terakhir, ada beberapa unsur penting yang harus di perhatikan. Antara lain:

  1. Media Tanam

Untuk media tanamnya yaitu menggunakan media tanam dengan kelembaban serta unsur hara yang cukup. Tidak hanya itu saja, media tanam yang terbaik untuk teknik penanaman hidroponik ini memiliki drainase yang bagus.

Dengan begitu terbebas dari zat-zat yang beracun atau berbahaya bagi tanaman.

  1. Air

Air adalah unsur paling penting untuk tanaman hidroponik untuk mendukung pertumbuhannya. Kualitas tanaman dan hasil panen tanaman hidroponik sangat bergantung pada unsur yang satu ini.

  1. Unsur Hara

Unsur hara merupakan unsur yang tidak kalah penting dalam tumbuh kembang tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sangat di sarankan untuk memberikan larutan unsur hara pada tanaman hidroponik secara teratur.

  1. Oksigen

Unsur lain dalam penanaman hidroponik yang perlu di perhatikan yaitu kadar oksigennya. Hindari sebaik mungkin agar kadar oksigen pada tanaman hidroponik rendah.

Pasalnya kondisi tersebut dapat menyebabkan dinding sel sulit untuk ditembus. Hal tersebut dapat berakibat buruk bagi tanaman hidroponik. Tanaman dapat layu dan kekurangan air yang membuatnya semakin berisiko untuk mati.

Jenis Tanaman Hidroponik yang Dapat di Tanam di Rumah      

Berikut ini ada beberapa tanaman yang dapat di tanam dengan teknik hidroponik. Penanamannya dapat di lakukan di rumah untuk di jadikan tanaman hias atau jika skalanya cukup besar cukup untuk dikonsumsi sendiri.

  1. Selada

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang di tanam menggunakan teknik . Sayuran ini mampu tumbuh subur dengan menggunakan teknik penanaman tanpa media tanah ini. Oleh sebab itu, selada banyak di budidayakan dengan metode . Selain dapat tumbuh subur, perawatan untuk tanaman yang satu ini cukup mudah. Saat bibit di semai, seminggu kemudian tanaman akan mengeluarkan 2 lembar daun. Jika bibit tersebut di pindahkan ke media utama dengan nutrisi yang cukup maka pertumbuhannya semakin cepat.Tips untuk yang ingin membudidayakan selada dengan teknik penanaman yaitu dengan memotong daun luarnya. Dengan begitu, daun bagian dalam akan tumbuh subur menggantikan daun yang sudah anda potong.

  1. Timun

Timun juga termasuk salah satu jenis tanaman yang banyak d ibudidayakan. Tanaman yang satu ini membutuhkan perhatian ekstra untuk mendapatkan hasil panen yang bagus. Jika tidak di berikan perhatian yang ekstra, sulit sekali bagi timun untuk tumbuh subur dan cepat berbuah. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup, untuk itu banyak petani yang menanamnya di rumah kaca. Jika anda menanam tanaman timun maka pastikan tanaman ini mendapatkan paparan sinar matahari yang baik. Tidak hanya itu saja, timun juga membutuhkan tempat yang lebih besar ketika sudah mulai tumbuh besar. Untuk itu, sebaiknya gunakan botol plastik besar sebagai media tanam tanaman yang satu ini. Dengan begitu tumbuhan timun dapat tumbuh subur dengan bentuk yang sempurna dan hasil panen maksimal.

  1. Bayam

Bayam merupakan tanaman sayuran yang berdaun hijau, sayuran ini juga dapat di tanam dengan teknik hidroponik. Sayuran bayam dapat tumbuh dengan baik dan subur dengan menggunakan teknik menanam hidroponik.Sebenarnya tidak hanya bayam, sayuran hijau seperti sawi, kangkung dan selada air juga sangat cocok di tanam dengan metode hidroponik. Namun anda di minta untuk ekstra memantau pertumbuhan sayuran hijau ini. Sayuran ini dapat tumbuh terlalu besar yang akan membuat sirkulasi udara pada tanaman ini berkurang. Akibatnya tanaman menjadi mudah layu atau bahkan mati.Oleh karena itu, anda harus memanen bayam atau sayuran hijau lainnya di waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk memanen sayuran hidroponik ini yaitu hari ke 26 sampai ke 29 sejak bibit tanaman di semai.Jika tanaman hidroponik ini dipanen pada usia lebih dari 29 hari maka akan memiliki rasa yang pahit.

  1. Melon

Selain sayuran, buah-buahan juga dapat di tanam dengan subur menggunakan teknik hidroponik. Buah-buahan yang cocok dengan teknik penanaman ini salah satunya yaitu melon. Selain melon, buah-buahan lain yang juga dapat di tanam menggunakan teknik hidroponik antara lain yaitu cabe dan tomat. Baik melon, cabe atau tomat, tanaman tersebut dapat tumbuh subur dan cepat berbuah jika penanamannya menggunakan hidroponik. Untuk menanam melon, anda harus memperhatikan pencahayaan dan juga nutrisi airnya. Penanaman melon membutuhkan media tanam yang besar karena tumbuhan ini dapat tumbuh besar.

  1. Tanaman Herbal

Anda juga dapat menanam tanaman herbal dengan metode tanam hidroponik. Anda dapat mencobanya sendiri di rumah, tanaman herbal yang dapat anda tanam secara hidroponik antara lain yaitu basil, ketumbar dan daun mint.

  1. Bunga Mawar

Teknik hidroponik juga dapat di terapkan untuk budidaya bunga mawar. Tidak hanya buah dan sayur saja yang dapat di budidayakan dengan teknik hidroponik, bunga juga termasuk. Anda dapat menanam bunga mawar untuk di jadikan sebagai hiasan rumah. Memiliki rumah yang cantik dan penuh bunga tidak harus di dukung oleh lahan yang luas. Lahan yang sempit juga dapat anda manfaatkan untuk menanam bunga mawar yang cantik. Selain mawar, bunga anggrek juga dapat tumbuh baik dan cepat mekar jika di tanam dengan teknik.

0 Komentar