Simak! 4 Tips Menanam Hidroponik Mudah dan Murah

Simak! 4 Tips Menanam Hidroponik Mudah dan Murah
Tips menanam Hidroponik/ foto: Sumber: infosurabaya
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mungkin Anda sudah sering mendengar kata hidroponik. Soalnya, metode penanaman yang satu ini sekarang sedang populer karena membutuhkan dana yang sangat kecil untuk diterapkan.

Menurut situs web Fresh Water Systems, hidroponik adalah teknik menanam tanaman dengan air, oksigen, dan nutrisi. Dibandingkan dengan tanaman yang ditanam di tanah, tanaman hidroponik berkembang lebih cepat.

Berbagai tanaman dapat ditanam dalam sistem hidroponik berbiaya rendah. Kale, bayam, selada, dan contoh lainnya muncul di benak Anda.

Baca Juga:Ini Bedanya! Hp Infinix Hot 10 Play dengan Infinix 10s, Mana yang Lebih Unggul?28 Daftar Harga Hp Infinix Terbaru di 2022

Tips Menanam Hidroponik Murah dan Mudah

1. Reservoir daur ulang

Dalam sistem tanam hidroponik, tandon merupakan wadah untuk menyimpan air. Oleh karena itu, kalian bisa memanfaatkan kembali barang-barang lama untuk dijadikan sebagai penampung.

peti es tua dan karton styrofoam tua adalah contoh barang yang berguna. Kolam balon renang anak juga bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu.

Namun, pastikan kedalamannya cukup untuk digunakan sebagai reservoir. Kedalaman benda yang di gunakan harus minimal 10 cm karena akar tanaman membutuhkan ruang.

Pilih wadah yang terbuat dari bahan food grade dan tidak berkarat. Berhati-hatilah saat menangani wadah yang mengandung cat, bahan kimia, atau produk berbahaya lainnya.

2. Platform tanaman

Platform adalah segala sesuatu yang di gunakan untuk menampung tanaman hidroponik. Ini membuat batang dan daun tanaman tetap di atas tanah sementara akarnya terendam.

Nah, Anda bisa membuat sistem hidroponik tanpa membeli platform tanaman. Kalian bisa membuatnya dengan bahan yang tidak mahal.

Memotong selembar busa polistiren hanya sedikit lebih kecil dari reservoir adalah kuncinya. Oleh karena itu, anjungan dapat mengapung di atas reservoir.

Baca Juga:Ini Nih! Tempat Wisata Bandung Terbaru di 2021, No 3 Ada yang Udah Pernah Ke Situ?TOP 5! Ini Dia, Set Top Box Android TV Box Murah Terbaik 2023

Buat lubang yang cukup besar pada buih. Tanaman harus bisa masuk tanpa jatuh.

3. Nutrisi yang dibutuhkan

Untuk pertumbuhan, semua tanaman membutuhkan unsur hara. Tidak peduli di mana tanaman itu di temukan.

Tanaman dapat memperoleh nutrisi yang mereka butuhkan dari bumi. Namun, jika Anda menanam secara hidroponik, Anda harus memberikan nutrisi tambahan.

Mengapa toko hidroponik menjual begitu banyak larutan pupuk pekat. Anda juga dapat membuat solusi nutrisi Anda sendiri.

Rahasianya adalah mendapatkan pupuk kering yang larut dalam air dan mengandung mikronutrien seperti seng dan tembaga.

Untuk setiap galon air, campurkan 2 sendok teh pupuk dan 1 sendok teh garam Epsom. Tempatkan di sistem hidroponik setelah itu.

4. Membuat holder

Lubang platform menerima dudukan. Satu tanaman di pegang dalam satu dudukan. Pemegang tanaman ini cukup mudah di temukan di pengecer.

Namun, jika Anda membuatnya sendiri menggunakan produk bekas, harganya akan lebih terjangkau. Gelas plastik adalah contoh barang bekas yang mungkin bisa di gunakan.

Membuat lubang di dasar gelas plastik akan memudahkan akar tanaman menyebar dan mencapai air. Agar tanaman tetap stabil, tambahkan sedikit kerikil ke setiap wadah.

Itulah, informasi mengenai 4 tips menanam hidroponik murah dan mudah. Semoga bermanfaat.***

0 Komentar