Apa itu Tanaman Hidroponik? Simak Juga 5 Manfaat Metode Tanam Hidroponik

Apa itu Tanaman Hidroponik? Simak Juga 5 Manfaat Metode Tanam Hidroponik
Tanaman Hidroponik/ foto: Livestrong
0 Komentar

RADARCIREBON.TVHidroponik adalah salah satu metode budidaya tanaman. Dengan menggunakan teknik ini, berbagai buah dan sayuran dapat tumbuh.Kata “hidroponik” berasal dari kata Yunani “hydro” untuk air dan “ponos” untuk “bekerja dengan air.”

Pendekatan ini berfungsi dengan menggunakan air daripada metode penanaman standar yang menempatkannya di tanah.

Nah, kita akan membahas secara mendetail tentang hidroponik dalam artikel ini. Mari simak uraian di bawah ini untuk lebih memahaminya!

Baca Juga:Simak! 4 Tips Menanam Hidroponik Mudah dan MurahIni Bedanya! Hp Infinix Hot 10 Play dengan Infinix 10s, Mana yang Lebih Unggul?

Hidroponik

Media air yang mengandung unsur hara biasanya digunakan dalam rumah kaca untuk pertanian hidroponik, yaitu suatu bentuk bercocok tanam tanpa membutuhkan tanah.

Menurut buku Metode Tanam Model Urban Farming Rini Mastuti, teknik bercocok tanam hidroponik merupakan cara untuk mengatasi kendala lahan atau tanah.

Alih-alih menggunakan tanah sebagai media tanam, pendekatan ini menggunakan media air yang mengandung unsur hara dan mineral tertentu sebagai media tanam.

Karena berkebun hidroponik menggunakan bahan alami dan sedikit bahan kimia, ini adalah metode penanaman yang ramah lingkungan. Sayuran dan buah dari pertanian hidroponik seringkali lebih sehat karena prosesnya organik.

Manfaat Hidroponik

Penggunaan teknik hidroponik memiliki beberapa keuntungan baik bagi tanaman maupun bagi orang yang merawatnya. Berikut beberapa keunggulan hidroponik, seperti di rangkum dari buku Hidroponik Devi Murti Prakastiwi: Strategi Bertanam di Lahan Sempit:

1. Bebas Hama

Penanaman skala besar dapat terserang hama dan penyakit yang di sebabkan oleh media tanah yang di gunakan dalam penanaman. Secara alami, sistem hidroponik menghilangkan kebutuhan akan tanah, menjaga tanaman bebas hama. Ini tidak di ragukan lagi akan meningkatkan proses pertumbuhan.

2. Memaksimalkan Ruang

Keuntungan hidroponik yang kedua adalah dapat memanfaatkan lahan yang terbatas secara maksimal. Anda dapat melakukannya di beberapa lokasi, termasuk balkon atau teras rumah Anda.

Baca Juga:28 Daftar Harga Hp Infinix Terbaru di 2022Ini Nih! Tempat Wisata Bandung Terbaru di 2021, No 3 Ada yang Udah Pernah Ke Situ?

3. Hemat Air

Selain itu, pendekatan ini membutuhkan lebih sedikit air untuk mendukung pertumbuhan tanaman. yang di budidayakan secara hidroponik membutuhkan lebih sedikit air daripada yang di tanam secara konvensional.

4. Panen Lebih Cepat

Anda dapat mengubah jumlah panas, sinar matahari, dan air yang di butuhkan tanaman saat tumbuh secara hidroponik. Selain itu, dengan menggunakan teknik ini, tanaman dapat lebih mudah mengakses dan menyerap nutrisi, mempercepat proses pertumbuhan.

5. Mengurangi Penggunaan Pestisida

Seperti yang di katakan sebelumnya, menggunakan strategi ini akan melindungi tanaman dari hama, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan pestisida. Tanaman yang di hasilkan dengan cara ini lebih sehat dan lebih organik.***

0 Komentar