Bertanam Gak Pakai Ribet dengan Hidroponik, Ini Cara dan Keuntungan dari Metode Hidroponik

Bertanam Gak Pakai Ribet dengan Hidroponik, Ini Cara dan Keuntungan dari Metode Hidroponik
Keuntungan Hidroponik (Wikifarmer)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bertanam dengan metode hidroponik kini cukup di gandrungi banyak orang dan rupanya mempunyai banyak keuntungan.

Salah satunya yaitu dapat di lakukan di lahan terbatas, sehingga banyak orang yang memanfaatkan metode ini untuk melakukannya di rumah.

Cara melakukan bertanam model ini pun mudah, hanya memerlukan air, media tanam dan nutrisinya untuk merangsang pertumbuhan.

Baca Juga:SIKAATT! HP Murah Harga 1 Jutaan, RAM 4 GB, Chipset Snapdragon, Baterai BesarWow! Baterai Besar, Harga Murah, Inilah Keunggulan dari Infinix Hot 11 Play

Cara Bertanam dengan Hidroponik di Rumah

Dengan cara bertanam yang mudah, hidroponik semakin di sukai oleh banyak orang dan banyak melakukannya di rumah. Apalagi, bagi penggiat makanan organik, tanaman yang di hasilkan dari metode tanam ini tentunya akan cocok.

Sebab, metode ini konon tidak menggunakan pestisida sehingga bisa di anggap sebagai organik. Adapun tanaman yang bisa menggunakan metode ini misalnya dari sayuran (selada, bayam, pakcoy, kangkung) dan buah-buahan (stroberi, anggur).

Jika ingin memulainya di rumah pun mudah. Dapat melakukan cara hidroponik wick dengan menyiapkan botol plastik, kain/sumbu, nutrisi hidroponik dan media tanam. Caranya yaitu bagi botol menjadi dua bagian, lalu lubangi bagian mulut botol untuk memasang sumbu.

Setelah itu, masukkan sumbu dari bagian bawah botol sampai sumbu keluar melewati mulut botol. Botol yang sudah di masukkan sumbu tersebut, masukkan ke dalam botol yang satunya dengan posisi mulut botol berada di bawah.

Masukkan media tanam berupa sekam bakar, rockwool, spon dan lainnya serta beri bibit tanam ke dalam media tanam. Beri larutan nutrisi hidroponik di bagian bawahnya dan letakkan pada tempat yang tidak terkena hujan juga bisa mendapat sinar matahari.

Keuntungan Bertanam dengan Hidroponik

Selain dengan cara mudah di atas, hidroponik dapat di lakukan juga dengan model green house. Model tersebut bisa di lakukan dengan di rumah jika mempunyai lahan yang luas. Tidak hanya untuk keperluan pribadi,namun green house bisa menjadi peluang usaha.

Jika sudah tertarik dan mulai melakukannya, ternyata hidroponik mempunyai keuntungan, loh. Apa saja keuntungannya? Berikut penjabarannya.

– Penggunaan lahan jadi lebih efisien

– Proses penyemaian bisa di lakukan di dalam rumah

Baca Juga:Mungil Seperti Ayla, Tapi Jauh Lebih Murah dari Ayla, Mobil Apa Tuh?Dompetmu Masih Aman Kalau Beli Mobil City Car Terbaru 2023, Mulai 100 Jutaan Aja Nih

– Tidak memerlukan media tanah sehingga bisa terhindar dari penyakit ataupun hama

– Lebih bersih dan higienis

– Dapat menghemat konsumsi air

– Harga jual tanaman hasil hidroponik tinggi, sehingga untuk peluang usaha akan cocok

0 Komentar