Hidroponik : Artinya, Contoh Tanaman, Kelebihan, dan Kekurangan

Hidroponik : Artinya, Contoh Tanaman, Kelebihan, dan Kekurangan
Hidroponik Artinya, Kelebihan dan Kekurangan (dlh.kulonprogokab.go.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bertanam menggunakan hidroponik artinya bertanam dengan memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah.

Untuk menggantikan tanah, dapat menggunakan berbagai media tanam. Misalnya rockwool, kapas, arang sekam, kerikil dan masih banyak lagi.

Metode bertanam ini cocok di gunakan di lahan yang sempit ataupun jika ingin mengembangkan menjadi peluang usaha.

Baca Juga:Inilah Contoh Tanaman yang Bisa di Tanam Menggunakan Hidroponik, Simak Juga ManfaatnyaRekomendasi Android TV Box Murah, di Jual dengan Harga Mulai dari 70 Ribu

Bertanam dengan Menggunakan Hidroponik

Hidroponik berasal dari bahasa Latin, di mana terdiri dari dua kata : hydro dan ponos. Hydro dari kata hidroponik artinya air dan ponos yaitu daya, dengan demikian dapat di simpulkan menjadi bertanam yang menggunakan air dan tanpa menggunakan tanah.

Cara bertanam ini pun termasuk cara yang sederhana dan dapat di lakukan di manapun. Untuk yang mempunyai lahan sempit di rumah, maka metode hidroponik sangat pas untuk di lakukan.

Hanya saja, kondisinya pun perlu di perhatikan. Melansir dari Dinas Pertanian Kota Denpasar, hal tersebut misalnya konsentrasi unsur hara yang terlarut, jumlah oksigen terlarut, tingkat keasaman larutan, media tanam yang mumpuni dan cahaya matahari.

Ada beberapa sistem hidroponik yaitu sistem sumbu, sistem kultur air, sistem pasang surut, sistem fertigasi, sistem NFT dan sistem aeroponik. Dengan contoh tanaman yang bisa menggunakan metode ini yaitu kangkung, selada, stoberi, pokcoy, tomat, cabai dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik

Setiap metode apapun, tentunya ada plus dan minus. Artinya, hidroponik ada kelebihan juga kekurangan. Kelebihan dari teknik bertanam ini yaitu penggunaan lahan untuk bertanam menjadi efisien, tidak memerlukan tanah, produksi panen lebih banyak, lebih bersih, bisa menghemat air serta pupuk dan hama lebih mudah di kendalikan.

Sementara untuk kekurangannya yaitu modal yang di butuhkan cukup besar, di butuhkan ilmu juga keahlian khusus dan di perlukan perhatian ekstra agar penyakit yang menyerang tanaman bisa di kendalikan.

0 Komentar