Ini 5 Alat Pokok Hidroponik yang Harus Pemula Tau!

Ini 5 Alat Pokok Hidroponik yang Harus Pemula Tau!
Ilustrasi Alat Hidroponik/ foto: barat.jakarta.go.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ini dia, informasi mengenai 5 alat pokok yang harus dipersiapkan pemula untuk Hidroponik.

Kali ini kita akan membahas tentang peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat taman hidroponik.

Kami akan memanfaatkan sistem wick yang telah di bahas pada artikel sebelumnya, sebagai contoh sistem hidroponik yang paling dasar.

Baca Juga:TOP 3! Ini Nih, Hp Murah Samsung RAM Besar Harga Mulai 1 Jutaan, Kamera 50MP & Baterai 5000mAh!Bebek Bukan Sembarang Bebek! Ini Dia, 18 Harga Motor Bebek Terlengkap 2023! Mana Inceranmu!

Alat dan bahan yang perlu di siapkan antara lain:

1. Net Pot

Karena menyediakan tempat bagi tanaman untuk berkembang dari menanam hingga panen nanti, pot jaring dalam pertanian sangat penting.

Pot jaring, berbeda dengan pot konvensional, memiliki beberapa lubang di bagian bawah yang memungkinkan akar untuk melewatinya.

Meskipun ada berbagai netpot di pasaran dengan diameter 7 cm, 10 cm, dan lain sebagainya, netpot biasa memiliki diameter 5 cm dan tinggi sekitar 5 cm.

2. Media Tanam

Kali ini kita akan menggunakan Rockwool sebagai contoh media tanam karena memudahkan menanam bibit sayuran bagi pemula.

3. Benih Sayuran

Meskipun ada banyak pilihan benih sayuran, pemula di sarankan untuk memulai dengan sayuran hijau seperti sawi, selada, kangkung, bayam, dan pakchoy.

Dibandingkan dengan sayuran buah seperti tomat dan cabai yang membutuhkan waktu lebih dari dua bulan untuk matang, sayuran jenis ini tidak hanya mudah di budidayakan

tetapi juga memiliki masa tanam yang relatif singkat. Benih yang di manfaatkan merupakan benih yang sering di gunakan dalam sistem tanam.

Baca Juga:Bosan dengan Acara Televisi? Nih, 3 Aplikasi Nonton Film Gratis di Android TV! Dijamin On Seharian!Ternyata 3 Hp Ini Sudah Murah dari Tahun 2020 Loh! Harga Mulai 1 Jutaan!

4. Sistem Hidroponik

Jenis sistem hidroponik yang lebih kompleks akan di bahas dalam artikel berikut. Ada banyak jenis sistem hidroponik, dan setiap sistem memiliki beberapa variasi.

WICK, NFT, DFT, Rakit Apung, Dutch Bucket, Aeroponik, dll. Adalah beberapa dari sistem hidroponik ini. Pemula di sarankan untuk memulai dengan metode paling dasar, yaitu sistem WICK.

5. Nutrisi Hidroponik

Kunci hidroponik adalah nutrisi hidroponik karena tanaman dapat tumbuh secara teratur jika di beri nutrisi.

Pasar menawarkan berbagai merek dan jenis nutrisi, termasuk untuk sayuran berdaun, sayuran buah, dan tanaman bunga. Karena kami membudidayakan sayuran hijau, kali ini kami menggunakan nutrisi daun.

Itulah, informasi mengenai 5 alat pokok yang harus dipersiapkan pemula untuk Hidroponik. Selamat mencoba.***

0 Komentar