Tahukah Kamu Perbedaan TV Led Digital dan Smart TV ? Simak disini Jangan Sampai Salah!

Tahukah Kamu Perbedaan TV Led Digital dan Smart TV ? Simak disini Jangan Sampai Salah!
perbedaan tv digital dan smart tv/foto:https://polytron.co.id/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Tahukah kamu jika TV digital dengan smart TV berbeda?

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat khususnya pada teknologi siaran seperti televisi, membuat para produsen TV berlomba-lomba memproduksi beragam jenis televisi hingga menawarkan televisi dengan berbagai kecanggihan dan teknologi terbaru di dalamnya.

Namun karena terlalu banyaknya jenis televisi yang biasa kita jumpai di pasaran, membuat sebagian orang bingung dan tidak bisa membedakan antara jenis TV yang satu dengan jenis TV lainnya. Seperti halnya membedakan TV digital dan smart TV, tak jarang masih banyak orang yang belum bisa membedakan kedua jenis TV tersebut. Dari fisik dan tampilannya memang bisa terlihat sama, namun dari teknologi di dalamnya jelas memiliki perbedaan di antara keduanya.

Baca Juga:Tempat Wisata Bandung Orchid Forest Bikin Liburanmu Lebih SeruRekomendasi HP Samsung Harga Murah Kualitas Terbaik di Indonesia

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli TV, sebaiknya kamu harus mengetahui perbedaan Digital TV dan smart TV, untuk menghindari adanya salah pilih TV yang bisa merugikanmu. Untuk mengetahui perbedaan TV digital dan smart TV, simak ulasan ini ya!

Perbedaan Digital TV dan Smart TV

1.    Sinyal

TV Digital menangkap sinyal digital yang dapat menampilkan gambar lebih jernih dan tajam. Mudahnya, TV Digital memiliki cara kerja yang mirip dengan TV analog. Bedanya, TV analog mengandalkan sinyal yang berasal dari antena eksternal. Sedangkan TV Digital memiliki antena sendiri dan hanya mengandalkan sinyal digital.

Berbeda dengan Smart TV yang mengandalkan koneksi internet ataupun sinyal analog. Untuk menikmati Smart TV, Anda perlu menyambungkan TV dengan koneksi internet. Barulah layanan seperti YouTube atau Netflix dapat Anda akses.

2.    Layanan Streaming

Untuk mengakses layanan pemutar video seperti YouTube atau layanan streaming berbayar seperti Netflix tidak bisa di lakukan melalui TV Digital. Layanan yang di berikan oleh TV Digital pun terbatas, hanya program TV yang di siarkan secara digital. Sedangkan untuk mengakses layanan streaming dapat di lakukan oleh Smart TV dengan cara koneksi internet.

3.    Jenis Tayangan

Ini adalah perbedaan dasar antara TV Digital dan Smart TV. Secara garis besar, TV Digital hanya dapat menayangkan siaran televisi dengan kualitas gambar yang lebih baik. Sedangkan Smart TV memiliki cakupan yang lebih luas, mulai dari layanan streaming berbayar hingga aplikasi pemutar musik dapat berjalan di Smart TV. Namun kekurangannya, Smart TV masih mengandalkan sinyal analog untuk menampilkan siaran televisi.

4.     Status Siaran

TV Digital memiliki ciri khas saat sinyal yang ditangkap kurang baik. Jika sinyal yang di tangkap baik, maka akan ada status “Terima”. Berarti, perangkat dalam TV Digital dapat menerima sinyal dengan baik. Sebaliknya, jika sinyal yang di terima oleh perangkat tidak baik, akan muncul status “Tidak”. Berbeda dengan TV analog yang tetap menyiarkan gambar saat sinyal buruk dan membuat gambar memiliki “semut”.

0 Komentar