Cara Memasang Set Top Box TV Digital Dengan Mudah

Cara Memasang Set Top Box TV Digital Dengan Mudah
cara memasanag set box tv digital/foto:https://digitek.id/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau masyarakat agar menyediakan perangkat set top box (STB) terutama bagi mereka yang memiliki TV analog. Tujuannya agar bisa menikmati siaran digital.

Set top box ini penting dan di butuhkan pada TV analog karena siaran TV analog akan di padamkan secara bertahap mulai 30 April 2022.

I. Cara Memasang Set Top Box di TV Tabung

Bagi masyarakat yang masih memiliki TV model tabung, anda tak perlu khawatir. Anda tetap dapat menikmati siaran TV digital dengan menggunakan alat STB.

Berikut ini cara memasang set top box TV tabung:

Baca Juga:Mobil Manual Memang Banyak Dicari Kini Hadir Suzuki Celerio 2015Daftar Harga HP Infinix RAM 8 Spek Dewa Bikin Kamu Ga Nyesel

1. Anda perlu menyiapkan perangkat STB dan TV analog.2. Pastikan STB anda berjenis DVB-T2.3. Pastikan TV analog anda dalam posisi power off.4. Cabut kabel antena yang terpasang di TV analog.5. Sambungkan kabel antena ke port yang biasanya bernama ANT IN.6. Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog.7. Lalu sambungkan dengan kabel AV untuk TV analog yang belum mendukung HDMI.8. Anda harus memastikan STB terhubung dengan daya.9. Kemudian nyalakan STB dan TV analog anda.10. Lalu masuk ke menu pengaturan TV analog.11. Selanjutnya pilih mode tampilan AV.12. Pilih opsi pencarian saluran.13. Daftar saluran siaran digital muncul.14. Kemudian Pilih opsi Simpan dan selesai.

II. Cara Memasang Set Top Box di TV LCD/LED

Cara memasang STB di TV LCD maupun LED hampir mirip dengan TV analog. Namun bedanya lebih mudah karena anda dapat menggunakan kabel HDMI.

Kabel HDMI di ketehaui dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan nyaman di pandang.

1. Anda harus menyiapkan perangkat STB dan TV LED/LCD.2. Lalu anda juga harus menyiapkan terlebih dahulu kabel HDMI. Adapun kabel HDMI dibeli secara terpisah.

3. Kemudian anda harus menghubungkan kabel antena ke port ANT-IN di STB.4. Colokkan kabel HDMI dari STB ke TV sesuai port.5. Sambungkan STB dengan kabel RCA.6. Setelah itu nyalakan TV dan tekan tombol Source di remote.7. Alihkan ke mode HDMI atau audio/video.8. Kemudian nyalakan STB dan anda harus menunggu sampai muncul tampilan menu.9. Tekan tombol Menu pada remote10. Pilih opsi Pencarian Siaran, lalu Pencarian Otomatis.11.Tunggu semua saluran di pindai.12. Pilih opsi simpan dan selesai.

0 Komentar