Kirab Agung Ziarah Makam Sunan Gunung Jati

0 Komentar

Pemerintah Kota Cirebon, menggelar pawai kirab agung ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, dalam momentum ulang tahun ke 654 Kota Cirebon dan peringatan 1 Muharram. Kirab tersebut dilakukan dengan berjalan kaki termasuk Walikota Cirebon, Nasrudin Azis.

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke 654 Kota Cirebon, sekaligus 1 Muharam. Pemerintah Kota Cirebon, menggelar kirab agung ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Selasa siang.

Titik awal dimulai dari Jalan Siliwangi atau depan Balai Kota Cirebon, yang dipimpin langsung, Walikota Cirebon Nasrudin Azis, serta unsur Forkopimda, dan para tokoh, dari kesultanan yang ada di Kota Cirebon, dan masyarakat.

Baca Juga:Fenomena PPDB Setiap Tahun Perlu DievaluasiDelman Hias Keliling Kota Kuningan

Dengan menempuh jarak sekitar 4,5 kilometer, di acara kirab budaya ini Wali Kota Cirebon beserta pejabat dinas, serta jajaran dan warga Kota Cirebon, berjalan kaki menuju Makam Sunan Gunung Jati untuk melakukan ziarah.

Sementara sejumlah pejabat lain, baik Wakil Walikota, Wakil Ketua DPRD, Ketua Dharma Wanita, Dandim, Kapolres, dan pejabat lainnya menaiki kereta kencana.

Walikota Cirebon yang ikut berjalan kaki, berkesempatan menabuh bedug dan rebana, diiringi sholat. Tujuan dari kirab ini, untuk memupuk semangat masyarakat Cirebon dan mengingat perjuangan Syekh Syarif Hidayarullah atau Sunan Gunung Jati, yang menyebarkan syiar agama Islam.

Selama perjalanan kirab ini mendapatkan perhatian dari warga sekitar untuk turut menyaksikan meriahnya kirab agung. Setelah sampai di Makbaroh Komplek Pemakaman Sunan Gunung Jati, Walikota Cirebon menunaikan sholat ashar, dan juga dilanjutkan berziarah di atas Makam Sunan Gunung Jati.

0 Komentar