Jangan Sampai Salah! 6 Cara Mengatasi Set Top Box yang Tidak Ada Sinyal!

Jangan Sampai Salah! 6 Cara Mengatasi Set Top Box yang Tidak Ada Sinyal!
foto: (DOK. Shutterstock)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ini dia, informasi mengenai cara mengatasi set top box tidak ada sinyal.

Bahkan ketika antena terpasang dengan benar, mayoritas pelanggan baru STB bingung mengapa set top box tidak memiliki sinyal dan tidak dapat menerima siaran TV digital.

Merek STB lainnya, seperti STB Matrix, Welhome, Luby, dan Evercoss, mungkin juga mengalami masalah ini. Untuk menerima sinyal TV digital terdekat, setiap set top box untuk TV digital mendukung antena dalam dan luar ruangan.

Baca Juga:Mudah! Ini Cara Menyambungkan Set Top Box ke TV Tabung dan LEDIntip Harga dan Spesifikasi Infinix Terbaru 2022 Mulai Rp1 Jutaan Hingga Rp6 Juta!

Namun, ada situasi di mana Set top Box tidak dapat menerima sinyal meskipun antena di pasang dengan benar.

Performa antena TV yang buruk mungkin menjadi penyebab hilangnya sinyal STB. Saat menonton TV analog, jika antena tidak berfungsi dengan baik, pencarian sinyal STB biasanya sama di bawah standar.

Karena steker putus atau tidak terpasang dengan benar, antena TV tidak di pasang dengan benar. Selain itu, ada penjelasan tentang tidak adanya sinyal TV digital di lingkungan Anda.

Simak Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal

1. Pastikan Daerah Sudah Dijangkau Sinyal TV Digital

Lingkungan Anda harus memiliki jangkauan sinyal TV digital untuk menonton siaran TV digital menggunakan STB.

Meski pemerintah menghentikan siaran TV analog pada awal November 2022, jangkauan sinyal TV digital Indonesia masih belum merata.

Pancaran TV digital belum menyebar ke semua lokasi. Anda dapat memeriksanya di aplikasi Sinyal TV Digital dengan menginstalnya dari Playstore jika ingin memastikan.

2. Posisi antena

Pengambilan sinyal juga di pengaruhi oleh lokasi antena. Kualitas sinyal yang di terima dapat berubah secara substansial dengan menyesuaikannya sedikit.

Baca Juga:Yuk ke Tempat Wisata Bunga Matahari di Bandung! Cek Harga Tiket Masuknya Di Sini!Ini Nih! Android TV Mi Box 4S Max dengan Resolusi 4K dan RAM 4GB!

Alasan lain mungkin karena perlu ada ruang di antara antena digital karena mereka bersaing untuk mendapatkan sinyal satu sama lain.

3. Gunakan antena outdoor

Agar STB dapat menerima sinyal TV digital seefisien mungkin, di sarankan untuk menggunakan antena eksternal.

Untuk menangkap transmisi TV meskipun antena berada di dalam ruangan, dapat di manfaatkan jika berada di lokasi yang sangat dekat dengan pemancar sinyal.

4. Periksa kabel HDMI atau RCA

Dalam beberapa kasus, STB dapat memperoleh sinyal TV digital saat menggunakan kabel RCA, tetapi saat beralih ke kabel HDMI, STB kehilangan sinyal, dan sebaliknya. Dalam hal ini, periksa kabel HDMI atau RCA Anda.

Sambungan kabel HDMI atau RCA yang benar ke port pada STB dan TV juga harus di lakukan. Jika ada kotoran di port HDMI atau RCA, bersihkan.

5. Reset ulang Set Top Box

Untuk memperbaiki masalah tanpa sinyal STB, mulai ulang STB. Sebelum mencoba solusi lebih lanjut, pertimbangkan untuk memulai ulang perangkat lunak dekoder karena kemungkinan masalah ini di sebabkan oleh kesalahan dalam program tersebut.

6. Upgrade Software Set Top Box

Perbarui firmware dan perangkat lunak STB. Setiap STB memiliki kemampuan untuk memperbarui firmware atau perangkat lunaknya.

Metode pembaruan ini sering kali bervariasi menurut merek set top box; beberapa hanya mengaktifkan pembaruan offline melalui file pembaruan, sementara yang lain menyediakan opsi untuk memperbarui secara online dengan menghubungkan ke internet.***

0 Komentar