Tradisi Pesta Laut Citemu

0 Komentar

Mewujudkan rasa syukur atas hasil tangkap melipah, ratusan nelayan di Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, menggelar sedekah laut, Minggu siang. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat mengarak miniatur perahu dan ogoh ogoh disepanjang jalur pantura Cirebon.

Ratusan nelayan Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, Minggu siang, menggelar sedekah laut. Sebelum melakukan ritual nadran, masyarakat berkumpul untuk mengarak ogoh ogoh yang sudah disiapkan.

Puluhan miniatur perahu dan ogoh ogoh melintas di jalur pantura Cirebon. Tumpah ruah warga Citemu dan sekitarnya untuk mengikuti arak arakan membuat jalur pantura mengalami kemacetan cukup Panjang.

Baca Juga:Satu Rumah Ludes Dilalap ApiKereta Barang Mogok, PT KAI Sebut Ada Kendala Fuel Pump

Bupati Cirebon didampingi Wakil Bupati Cirebon mengatakan, kegiatan ini merupakan tradisi yang rutin digelar setiap tahunnya. Tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas hasil tangkapan nelayan selama ini.

Sementara itu, usai arak arakan, miniatur yang berisi sejumlah jenis makanan itu selanjutnya akan dilarungkan di tengah laut. Petugas kepolisian pun membantu melancarkan kegiatan dan melakukan contraflow guna memecah kemacetan.

0 Komentar