Ingin Mobil Tangguh Tapi Harga Terjangkau? Pilih Saja Mobil Katana, Intip Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Beli!

Mobil Katana/Rakyat.or.id
Mobil Katana/Rakyat.or.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kamu ingin membeli mobil dengan body tangguh dengan harga terjangkau? Yuk simak di sini!

Karena artikel ini akan memberimu informasi terkait mobil Katana yang memiliki body tangguh dan di jual dengan harga murah.

Perlu di ketahui, mobil Katana ini merupakan mobil tua, yang di produksi pada sekitar tahun 1990 – 2000 an nih guys.

Baca Juga:Gimana Sih Cara Cek RAM Android TV Box? Yuk Cek di Sini Sekarang Juga!Desain Badas dan Memukau, 3 Mobil Toyota City Car Ini Cocok Buat di Bawa Kondangan Mamah Muda, Cek Listnya di Sini!

Namun, meskipun mobil tersebut termasuk mobil tua, spesifikasi yang di milikinya masih layak untuk di pakai pada tahun 2023 ini.

Tampilan desain dari mobil Katana ini juga memang ciri khas sekali seperti mobil yang rilis pada tahun 90-an, sehingga sangat tampak seperti mobil tua.

Nah, dari pada kamu penasaran cek dulu aja yuk kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut di bawah ini sebelum membelinya.

Kelebihan Mobil Katana

Salah satu alasan kenapa mobil Katana masih banyak di minati saat ini adalah karena ramah terhadap pengendara yang belum mahir berkendara. Selain itu, ada manfaat lain sebagai berikut:

1. Nyaman di pakai berkendara

Suzuki Katana memiliki bentuk yang kecil sehingga memudahkan orang awam untuk mengendalikannya. Sayangnya, Katana hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual. Jika ingin membelinya, maka kamu harus benar-benar memahami cara mengemudikan mobil bertransmisi manual. 

2. Irit BBM

Katana di kenal sebagai salah satu SUV hemat bahan bakar. Sejatinya Suzuki telah membekali Katana dengan mesin bensin berkode F10A berkapasitas 970cc, 4 silinder, 8 katup SOHC yang di padukan dengan karburator, sama persis dengan yang di gunakan Karimun Kotak, Carry 1.0 dan Forsa. Konsumsi bensin satu liter untuk mobil Katana bisa menempuh jarak 12-14 km/jam. Kebutuhan bahan bakar Katana cukup menggunakan bensin dengan nilai oktan 88-90 karena kompresinya juga rendah. 

3. Perawatannya mudah

Suzuki Katana mudah perawatannya karena menggunakan mesin yang di gunakannya. Berbekal mesin 1.000 cc 4 silinder yang masih menggunakan karburator, perawatan Katana hanya membutuhkan pembersihan karburator. Kamu hanya perlu membersihkan atau mengganti filter bahan bakar jika suplai bahan bakar berfungsi dengan baik. Selain itu, suku cadang kendaraan asli dan KW Katana juga mudah di temukan di bengkel-bengkel terdekat. 

Baca Juga:Ini Dia Fungsi Kabel HDMI Set Top Box ke TV dan Cara Memasangnya, Cek Sekarang Juga di Sini!Bikin Cenat-cenut! Kini Harga Honda Mobil Terbaru 2019 Sudah Bisa Kamu Gapai, Yuk Cek Sekarang Juga di Sini

Kekurangan Mobil Katana 

Meski memiliki kelebihan yang menarik, Katana tentunya juga memiliki kekurangan yang perlu di perhatikan. Berikut beberapa kekurangan Suzuki Katana:  

1. Suspensinya terlalu keras

Keterbatasan Suzuki Katana yang pertama adalah masih menggunakan pegas daun atau leaf spring. Pegas daun adalah jenis sistem suspensi yang terbuat dari beberapa lapisan baja dengan ukuran berbeda yang di tumpuk satu sama lain untuk membentuk segmen melengkung. Penggunaan pegas daun membuat suspensi Katana terlalu keras. Alhasil, pengemudi akan merasakan goncangan saat melaju di jalanan bergelombang dan tidak rata. 

2. Mesin mobil yang kurang bertenaga

Kekurangan dari mobil Katana yang perlu di perhatikan adalah mesin mobil tersebut masih kekurangan kapasitas. Suzuki Katana masih menggunakan mesin mobil berkapasitas 1.000 cc. Kecepatan maksimal mesin 1000 cc biasanya hanya sekitar 80-100 km/jam, sehingga kurang cocok untuk melaju di jalan tol seperti jalan tol. 

3. Kabin mobil terlalu sempit

Katana tidak cocok untuk orang dengan tinggi lebih dari 180 cm. Kabin Katana cukup sempit, terutama ruang kaki dan ruang kepala, yang tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan baik bagi pengemudi maupun penumpang. Kapasitas mobil Katana hanya bisa memuat 4-5 orang, sehingga kurang cocok untuk mobil keluarga jika jumlah anggota keluarga lebih dari 5 orang. 

4. Peredam suara kabin masih kurang

Katana memiliki kedap suara kabin yang buruk, sehingga penumpang masih dapat mendengar suara mesin dan suara keras dari luar kabin. Jika kamu nekat membeli Katana, sebaiknya beli silencer tambahan agar tidak menghambat perjalanan. Karena semakin cepat kecepatan katana maka akan semakin keras deru mesinnya. 

5. Tidak ada fitur booster rem

Suzuki tidak memasang brake booster pada Katana. Kamu membutuhkan tenaga lebih saat menekan pedal rem. Brake booster sendiri merupakan bagian yang membantu pengendara mengurangi stress saat melakukan pengereman. 

Harga Mobil Katana Bekas

Akhir-akhir ini harga mobil Katana bekas mengalami kenaikan karena keunikan dan modifikasi dari pemilik sebelumnya.

Rata-rata mobil Katana sudah di modifikasi, misalnya dengan ubahan atap datar, ubahan interior, dan penyempurnaan mesin.

Bagi kamu yang ingin membeli mobil Katana bekas dengan harga yang cukup murah di pasaran. Suzuki Katana 1.0 di banderol mulai Rp 30 jutaan, sedangkan Suzuki Katana GX di banderol mulai Rp 40 jutaan.

Namun harga Katana bekas tergantung dari kondisi dan performanya. Beberapa Katana di banderol sekitar Rp 100 juta rupiah jika fiturnya bagus, run kecil, cat orisinil dan kondisi lainnya.

Jika kamu ingin membeli Katana bekas, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin agar tidak rusak. Pilih bengkel terdekat dan terpercaya untuk servis kendaraan Anda.

Unduh aplikasi Otoklix untuk memudahkan Anda menemukan bengkel atau layanan terdekat seperti ganti oli, ganti ban, tune-up, ganti baterai, perbaikan bodywork, servis AC di tempat cuci mobil.

0 Komentar