Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antenna Parabola? Bisa, Pakai STB Combo Aja!

apakah set top box bisa pakai antenna parabola
apakah set top box bisa pakai antenna parabola
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Muncul pertanyaan yang cukup penting, yani apakah set top box bisa pakai antenna parabola?

Pastinya pertanyaan tersebut akan muncul karena sebagian dari masyarakat dahulu nya menggunakan parabola sebagai cara menonton tv.

Parabola dulu bia berfungsi sebagai antena, hanya saja seseorang yang menggunakan parabola harus membayar biaya langganan untuk menikmati berbagai channel yang di hasilkan.

Baca Juga:Kelebihan dan Kekurangan Set Top Box Matrix Apple, Laris dan Tahan Panas!Jangan Khawatir! Nih, Kumpulan Kode Remot TV Polytron Android TV, Cuma 3 Digit Gampang Settingnya!

Menggunakan parabola juga termasuk menguntungkan karena banyak channel yang tak bisa di tangkap hanya dengan antena biasa.

Lantas, apakah set top box bis pakai antenna parabola? Simak jawabannya di sini.

Antara stb dan parabola

Seperti yang kita ketahui, set top box punya fungsi untuk menangkap siaran digital dari tipe tv apapun.

Baik tv tabung maupun tv led, semua bisa di lakukan dan di gunakan untuk menangkap siaran digital.

Akan tetapi, jika yang sebelumnya menggunakan parabola, apakah masih menggunakan stb ke tv di rumah?

Jika berbicara tentang siaran TV digital lokal, maka sinyal yang digunakan adalah DVB-T2. Berarti pengguna parabola tidak bisa menonton siaran digital dong, kan sinyal parabola adalah DVB-S2? Kalau patokannya adalah jenis sinyal, maka jawabannya adalah tidak bisa.

Tapi jangan bersedih dulu, melansir dari jakmall, pengguna parabola tetap dapat menonton siaran TV digital dengan dua cara, loh.

Baca Juga:Harga Hp Murah dengan Kamera Terbaik, Pilih Saja Oppo A3s atau Realme 9i Baterai Juga 5000mAhHp 4G LTE: Ada Samsung, Redmi Hingga Oppo, Loh!

1. Gunakan Receiver Parabola

Pengguna parabola tentu familiar dengan alat yang disebut penerima parabola. Meskipun set top box serupa, keduanya merupakan alat yang berbeda.

Untuk menggunakan parabola, Anda biasanya perlu menyediakan penerima parabola. Dengan receiver, sinyal DVB-S2 yang di terima parabola dapat ditampilkan di TV.

Jadi bagaimana Anda bisa menonton program TV digital tanpa melepas parabola? Caranya adalah dengan menambahkan antena dan menghubungkannya ke port antena penerima. Perlu dicatat bahwa tidak semua parabola memiliki port antena UHF.

Anda dapat menggunakan antena di luar ruangan atau di dalam ruangan. Yang perlu Anda pastikan sebelum membeli antena adalah terdapat port antena pada receiver parabola Anda.

Jika terdapat port antena UHF pada penerima parabola, Anda dapat menikmati program TV digital. 

2. Set Top Box Ganda

Metode kedua adalah solusi antena parabola tanpa antena UHF. Anda bisa menggunakan combo decoder atau lebih dikenal dengan combo STB.

STB biasa pasti memiliki port antena UHF. Sedangkan kombo STB memiliki gerbang tambahan yaitu gerbang parabola.

Konsepnya seperti penerima disk dengan port antena UHF. Ini berarti penggabung STB dapat menerima sinyal DVB-T2 dan DVB-S2.

Biasanya, Anda hanya perlu mengubah penggunaan sinyal melalui pengaturan TV. Namun, beberapa kombo STB di lengkapi dengan fungsi menggabungkan saluran dari dua sinyal menjadi satu.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengubah penggunaan sinyal saat menonton TV. 

0 Komentar