Kenali Apa Itu LCN pada Set Top Box, Manfaat dan Pengaturannya!

https://www.jendelatv.com/2022/12/lcn-tv-digital-on-atau-off.html
https://www.jendelatv.com/2022/12/lcn-tv-digital-on-atau-off.html
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Masih banyak orang yang penasaran tentang apa itu LCN pada STB. Pasalnya, istilah ini berkaitan dengan pemrograman perangkat.

Ketika menyalakan Set Top Box, istilah tersebut akan tampil. Pengguna di minta untuk memilih apakah harus memilihnya ke posisi On atau Off.

Tentu saja, keberadaannya sangat penting dalam sebuah sistem. Untuk itulah, sebagian pengguna STB mencari tahu tentangnya.

Baca Juga:Ini Beberapa Mobil Double Kabin Terbaik di Indonesia, No 5 Harganya Benar-Benar Gilaaa!5 Hp Terbaik Dengan Harga Murah Keluaran Tahun 2016 Yang Masih Banyak Diburu Oleh Banyak Orang

Kali ini, PATI UPDATE akan menunjukkan apa itu LCN pada STB, manfaatnya hingga apa yang seharusnya di lakukan pengguna. Berikut ini penjelasannya!

Pengertian LCN Pada Set Top Box

Logical Channel Number atau LCN adalah kanal virtual dari program siaran TV digital yang berbasis DVB (Digital Video Broadcasting).

Ini bisa di pahami sebagai metode pemetaan ulang mengenai nomor saluran TV secara otomatis. Yakni, menyesuaikan dengan nomor saluran yang sudah di tetapkan oleh penyedia jasa.

Penerapannya bisa di lihat dari penomoran dari saluran televisi di remote yang di mulai dari angka 1-999.

Fungsinya untuk menghindari duplikasi saluran. Ketika saluran terduplikasi, maka receiver tidak bisa menerima siaran dengan utuh.

Tentu saja, sistem ini berbeda dengan yang di gunakan di TV analog. Karena di TV analog, pemilik TV bisa menentukan sendiri peletakan posisi saluran di nomor yang di kehendakinya.

Bahkan, pemiliknya bisa menempatkan beberapa channel di TV lama. Tentunya, tanpa mengalami permasalahan seperti hilangnya saluran atau buruknya kualitas gambar.

Baca Juga:4 Rekomendasi TV Android Terbaik 2022, Dapat Siaran Digital Tanpa STBReview Spesifikasi Infinix Zero 20 2023, Dibekali Dengan Layar AMOLED 6,67 Inci dengan Resolusi Full HD Plus

Sejauh ini, penerapan LCP di nilai sudah sangat baik. Beberapa negara maju pun sudah menerapkannya. Di antaranya adalah Jepang, Italia, Australia, Inggris, hingga Amerika.

Manfaat LCN pada Set Top Box

Setelah mengetahui apa itu LCN pada Set Top Box, lantas apa saja manfaatnya? Secara umum, manfaat utamanya adalah memungkinkan penyeragaman konten di siaran digital.

Betapa tidak, LCN memungkinkan receiver/STB untuk memrogram channel di nomor siaran tertentu.

Di samping itu, keberadaan LCN juga bermanfaat sebagai pendulang sumber pendapatan negara.

Setidaknya, ada regulator yang ditunjuk sebagai petugas untuk mengeluarkan izin/lisensi penggunaannya. Adanya batasan nomor kanal memungkinkan pemerintah dapat memberikan lisensi tersebut.

LCN pada Set Top Box On Atau Off

Sewaktu menyalatakan STB untuk pertama kalinya, pengguna diminta untuk melakukan beberapa pengisian data. Salah satunya adalah LCN.

Lantas, apa yang seharusnya dipilih antara LCN pada Set Top Box On atau Off?

Umumnya, Anda bisa mengaturnya ke posisi Off. Karena, pengaturan ini tidak mempengaruhi pada jumlah siaran yang akan didapatkan di STB.

Ini berlaku untuk STB seluruh merek. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika pemilihan posisinya dapat mempengaruhi kinerja dari STB.

Yang paling penting, Anda memasang STB dan menyettingnya dengan tepat. Nantinya, perangkat akan bekerja sebagaimana mestinya.

Itulah kurang lebih informasi mengenai apa itu LCN pada Set Top Box yang radarcirebon.tv berikan , manfaat hingga bagaimana mengatur posisinya.

0 Komentar