Apa itu Dekoder TV Digital? Apakah Bisa Menjadi Pengganti STB? Cari Tahu Sini, Yuk!

Apa itu Dekoder TV Digital? Apakah Bisa Menjadi Pengganti STB? Cari Tahu Sini, Yuk!
Dekoder TV Digital (Tokopedia)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Jangan khawatir, meski kini sudah di alihkan menjadi TV digital, namun bisa di nikmati berkat bantuan dekoder.

Apa itu dekoder? Dekoder merupakan nama lain dari Set Top Box atau biasa di singkat sebagai STB. Selain dekoder, ada juga yang menyebutnya dengan sebutan receiver dan converter.

STB merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menangkap sinyal digital. Dengan bantuan alat ini, masyarakat tidak perlu repot untuk mengganti televisinya karena bisa menggunakan televisi biasa.

Baca Juga:Udah Tahu Belum Kalau Kominfo Bagi-bagi Set Top Box Gratis? Ada Syaratnya Nih, Simak Biar Bisa Dapat Secara Gratis!Jangan Hanya TV yang Digital, Jam Dinding Rumahmu Juga Biar Terlihat Makin Estetik dan Futuristik

STB bisa di dapatkan dengan mudah di toko penjualan online maupun offline. Mengenai harganya juga bervariasi, bahkan bisa di dapatkan dengan harga yang murah yaitu hanya kisaran 100 ribuan. Namun ada sebagian orang juga yang bisa mendapatkannya secara gratis yang tentunya ada persyaratan yang harus di penuhi.

Untuk mendapatkannya, calon penerima harus tergolong rumah tangga miskin yang terdaftar dalam data pemerintah, mempunyai TV, lokasi calon penerima berada di lokasi siaran TV digital dan bersedia menerima bantuan.

Bagi yang tidak terdaftar, dapat membelinya sendiri di toko elektronik online maupun offline. Baiknya, cari STB yang telah bersertifikat Kominfo sehingga STB atau dekoder bisa menayangkan TV digital. Namun ada juga beberapa tips lainnya yang perlu di perhatikan.

Tips dalam Membeli Set Top Box atau STB

Jika sedang berencana untuk membeli sebuah STB, ada beberapa tips yang harus di perhatikan dalam mencari perangkat ini agar tidak salah membeli. Inilah beberapa tipsnya.

1. Pilih yang bersertifikat Kominfo yang di tandai dengan beberapa cirinya. Diantaranya yaitu terdapat tulisan DVB-T2 pada kemasannya atau tulisan berupa Siap Digital. Ciri lainnya yaitu sudah adanya gambar Modi pada kemasan. Dengan adanya ciri tersebut, maka STB bisa di jamin keamanannya.

2. Pilih sesuai dengan kebutuhan, yang di dasarkan pada keinginan dan kebutuhan. Sebab, setiap STB mempunyai fitur juga harganya masing-masing sehingga hal ini menjadi pertimbangan penting dalam membeli STB.

3. Jika masih ragu dengan pilihan yang sudah di tentukan, bisa membaca berbagai review-nya dahulu tentang STB yang di inginkan. Bisa juga bertanya pada kenalan yang sudah lebih dulu menggunakan.

Baca Juga:Daftar HP Murah 4G dengan Kualitas Terbaik, Bawa Layar Super AMOLED Hingga RAM Besar, Mau Gak?Wih, Ada HP Gaming Murah dengan Refresh Rate Tinggi dan Baterai Besar! HP Infinix Hot 20 5G Punya Harga Segini Loh

Adapun untuk rekomendasi dekoder atau STB TV digital yang di antaranya yaitu Luby Digitant, Evinix H1, Evercoss, Polytron PDV 600T2, Tanaka T2 dan masih banyak lagi.

0 Komentar