Perbedaan TV Tuner dan Set Top Box, Jangan Bingung Ini Perbedaannya

https://www.teknisitv.com/perbedaan-set-top-box-dan-receiver/
https://www.teknisitv.com/perbedaan-set-top-box-dan-receiver/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Perbedaan TV tuner dan set top box adalah dua perangkat yang sering di bandingkan dalam menonton televisi. Meskipun keduanya memiliki kegunaan yang sama, yaitu

mengubah sinyal televisi menjadi sesuatu yang bisa di tonton di layar TV, terdapat beberapa perbedaan yang penting antara keduanya.

Perbedaan pertama adalah letak perangkat tersebut. TV tuner biasanya terdapat langsung pada

Baca Juga:Harga Mobil Baru Di Tahun 2022 Ini Banyak Yang Menggentarkan Pasaran Otomotif di IndonesiaKeren Banget! HP Infinix Hot 12 Dengan Spesifikasi Canggih Di Lengkapi Dengan RAM 8 GB

TV itu sendiri, sementara set top box biasanya terpisah dari TV dan harus di hubungkan ke TV melalui kabel.

Perbedaan kedua adalah jenis sinyal yang dapat di terima oleh kedua perangkat tersebut. TV tuner hanya dapat menerima sinyal televisi analog, sedangkan set top box dapat menerima sinyal analog maupun digital. Dengan demikian, set top box lebih fleksibel dalam hal jenis sinyal yang dapat di terima.

Perbedaan ketiga adalah fitur tambahan yang di tawarkan oleh kedua perangkat tersebut. Set top box biasanya memiliki fitur tambahan seperti perekaman siaran, streaming video, dan aplikasi smart TV. Sedangkan TV tuner hanya dapat menerima siaran televisi dan tidak memiliki fitur tambahan lainnya.

Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa set top box lebih fleksibel dan memiliki fitur tambahan yang lebih banyak di bandingkan dengan TV tuner. Namun, TV tuner lebih mudah di gunakan karena terdapat langsung pada TV dan tidak memerlukan perangkat tambahan lainnya.

Kelebihan dan Keukarangan TV Tuner Vs Set Top Box

Selain perbedaan-perbedaan tersebut, ada beberapa kelebihan dan kekurangan

yang harus di pertimbangkan dalam memilih antara TV tuner dan set top box.

Kelebihan TV tuner adalah harganya yang lebih murah di bandingkan set top box,

Baca Juga:Gak Kalah Menarik Dengan HRV, Simak Yuk Harga, Spesifikasi, Fitur, Serta Kelebihan dan Kekurangannya Dari Mobil BRV Update Terbaru 2023Rekomendasi Alat Penguat Sinyal Untuk TV Digital Terbaik Dibawah 100 Ribu

serta tidak memerlukan perangkat tambahan lainnya seperti kabel atau remote control. Namun, kekurangannya adalah hanya dapat menerima sinyal televisi analog dan tidak memiliki fitur tambahan seperti perekaman atau streaming video.

Sementara itu, kelebihan set top box adalah dapat menerima sinyal televisi analog maupun digital, serta memiliki fitur tambahan seperti perekaman siaran dan streaming video.

Namun, kekurangannya adalah harganya yang lebih mahal di bandingkan TV tuner, serta memerlukan perangkat tambahan seperti kabel atau remote control untuk dapat di gunakan.

Untuk memilih antara TV tuner dan set top box, tergantung pada kebutuhan dan budget yang tersedia. Jika hanya ingin menonton televisi tanpa fitur tambahan lainnya, maka TV tuner mungkin lebih cocok. Namun, jika ingin menonton televisi dengan fitur tambahan seperti perekaman siaran atau streaming video, maka set top box mungkin lebih cocok.

Apakah tv tuner bisa menangkap siaran digital?

Perbedaan TV tuner biasanya hanya dapat menerima sinyal televisi analog, bukan siaran digital. Siaran televisi digital adalah siaran yang dikirimkan dalam bentuk sinyal digital, sedangkan siaran televisi analog adalah siaran yang dikirimkan dalam bentuk sinyal analog. TV tuner hanya dapat menerima siaran televisi analog dan tidak dapat menerima siaran televisi digital.

Jika ingin menonton siaran televisi digital, maka perlu menggunakan perangkat tambahan seperti set top box atau TV dengan fitur built-in digital tuner. Kedua perangkat tersebut dapat menerima siaran televisi analog maupun digital, sehingga dapat di gunakan untuk menonton siaran televisi yang di kirimkan dalam kedua jenis sinyal tersebut.

Apakah semua jenis TV bisa pakai set top box?

Perbedaan TV Tuner vs Set Top Box yang alain adalah setiap TV biasanya memiliki sejumlah port atau konektor

yang dapat di gunakan untuk menghubungkan perangkat tambahan seperti set top box atau DVD player. Jika TV Anda memiliki port HDMI atau konektor RCA, maka set top box biasanya dapat di hubungkan dengan TV tersebut.

Namun, jika TV Anda hanya memiliki port antena atau konektor RF, maka set top box biasanya tidak dapat di hubungkan dengan TV tersebut.

Untuk memastikan apakah set top box dapat di hubungkan dengan TV Anda, cek dulu port atau konektor

yang tersedia pada TV Anda dan pastikan set top box memiliki konektor yang cocok untuk menghubungkannya.

Jika tidak, maka Anda mungkin perlu menggunakan perangkat tambahan seperti konverter atau adapter untuk dapat menghubungkan set top box dengan TV Anda.

Cara mengetahui apakah TV sudah digital?

Untuk mengetahui apakah TV Anda sudah digital atau masih analog, pertama-tama periksalah

label atau spesifikasi produk yang terdapat pada TV Anda.

Biasanya, jika TV Anda sudah digital, maka akan tercantum keterangan seperti “digital tuner built-in”

atau “compatible with digital signals” pada label atau spesifikasi produk tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat mengecek apakah TV Anda sudah digital dengan mengecek tipe sinyal yang dapat di terima oleh TV tersebut. Jika TV Anda hanya dapat menerima sinyal analog, maka TV tersebut masih analog. Namun, jika TV Anda dapat menerima sinyal digital, maka TV tersebut sudah digital.

Jika masih ragu, Anda juga dapat mengecek apakah TV Anda sudah digital dengan menghubungkan

TV tersebut dengan set top box atau perangkat lain yang dapat menerima siaran televisi digital.

Jika TV Anda dapat menampilkan siaran televisi digital yang di terima melalui set top box atau

perangkat lain tersebut, maka TV tersebut sudah digital. Namun, jika TV Anda tidak dapat menampilkan siaran televisi digital tersebut, maka TV tersebut masih analog.

Apakah STB harus bayar bulanan?

Perbedaan TV Tuner vs Set Top Box – STB biasanya di jual dengan harga sekali bayar, tanpa ada biaya bulanan. Namun, tergantung pada operator televisi yang menyediakan layanan STB tersebut, Anda mungkin perlu membayar biaya tambahan untuk dapat menikmati layanan-layanan tambahan seperti paket channel premium atau perekaman siaran.

Jika Anda membeli STB dari penyedia layanan televisi berlangganan, maka biasanya akan terdapat biaya bulanan untuk menikmati layanan televisi tersebut. Namun, jika Anda membeli STB dari toko elektronik atau online, maka biasanya tidak ada biaya bulanan yang harus di bayarkan. Anda hanya perlu membayar harga STB tersebut sekali saja dan kemudian dapat menonton televisi dengan STB tersebut tanpa ada biaya tambahan.

Apakah kalau pakai set top box harus pakai antena?

Perbedaan TV Tuner vs Set Top Box – STB biasanya harus di hubungkan ke TV melalui kabel, kemudian siaran televisi di akses melalui koneksi internet atau satelit.

Jika STB Anda di akses melalui koneksi internet, maka Anda tidak perlu menggunakan antena. Namun, jika STB Anda di akses melalui satelit, maka Anda perlu menggunakan antena parabola untuk dapat menerima siaran televisi dari satelit tersebut. Antena parabola tersebut harus di arahkan ke satelit yang mengirimkan siaran televisi yang ingin Anda tonton.

Jadi, tergantung pada cara akses yang Anda pilih, Anda mungkin atau mungkin tidak perlu menggunakan antena untuk dapat menonton televisi dengan STB. Namun, jika Anda ingin menonton siaran televisi melalui satelit, maka Anda pasti perlu menggunakan antena parabola untuk dapat menerima siaran tersebut.

Apakah Set Top Box bisa nonton YouTube?

Set top box (STB) adalah perangkat yang di gunakan untuk menerima siaran televisi digital dan mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat di tonton di layar TV.

STB biasanya tidak langsung dapat menampilkan aplikasi seperti YouTube, namun tergantung pada fitur yang di sediakan oleh STB tersebut, Anda mungkin dapat mengakses YouTube melalui STB tersebut.

Beberapa STB memiliki fitur streaming video atau smart TV, yang memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi streaming video seperti YouTube melalui STB tersebut. Namun, tidak semua STB memiliki fitur ini, sehingga Anda perlu memeriksa spesifikasi STB yang Anda miliki untuk mengetahui apakah STB tersebut memiliki fitur tersebut atau tidak.

Jika STB yang Anda miliki tidak memiliki fitur streaming video atau smart TV, maka Anda mungkin perlu menggunakan perangkat tambahan seperti Chromecast atau Apple TV untuk dapat mengakses YouTube melalui STB tersebut. Dengan perangkat tambahan tersebut, Anda dapat mengirimkan video dari perangkat seluler atau komputer ke TV melalui STB tersebut.

0 Komentar