Festival Ngakeul Ke-2, Tradisi Memasak Zaman Dulu

0 Komentar

Festival Ngakeul ke-2 tahun 2023, kembali digelar Bidang Kebudayaan Disdikbud Kuningan. Festival ini terbilang unik, karena peserta berlomba menampilkan seni memasak, seperti yang dilakukan para leluhur, dengan menggunakan perabotan zaman dulu.

Bertempat di halaman Gedung Perundingan Linggarjati, Kabid Kebudayaan Emup Muplihudin menerangkan, jumlah peserta yang terdaftar kali ini mencapai 30 kelompok. Mewakili unsur satuan pendidikan, pemerintahan, dan masyarakat.

Seperti tahun lalu, setiap kelompok berlomba menampilkan kemampuan memasak, dari mulai membawa kayu bakar, membersihkan beras, memasak, ngakeul atau mendinginkan nasi dengan kipas bambu, cara penyajian, dan aneka masakan trasiaional.

Baca Juga:Penemuan Mayat Gantung Diri Di Pohon RambutanSport ‘N Ethno Carnaval 2023 Desa Suganangan

Selain itu, penerapan tema tradisional juga digunakan pada pakaian seluruh peserta, bahkan  perabotan  yang digunakan.

Melalui acara ini diharapkan, generasi muda mengetahui cara tradisional leluhur dalam memasak dan menyajikan makanan yang sehat.

Untuk itu, di 2023 Dinas Pendidikan menggelar beberapa acara dalam festival yang digelar sejak Sabtu kemarin dan Minggu hari ini, dirancang dengan banyak melibatkan siswa jenjang SD SMP dan SMA, diantaranya pagelaran seni tradisi, festival kaulinan barudak atau perlombaan permainan anak tradisional, lomba mewarnai, dan kegiatan literasi melalui lomba tulis menulis

0 Komentar