Mau Pilih yang Mana, Smart TV atau Android TV? Ketahui Perbedaannya Sebelum Memutuskan

Mau Pilih yang Mana, Smart TV atau Android TV? Ketahui Perbedaannya Sebelum Memutuskan
Perbedaan Smart TV dan Android TV (Lyd & Bilde)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Dalam mencari suatu barang atau produk, pastinya akan mempertimbangkan dari segi kualitas, harga dan lainnya. Begitupun juga dengan memiliki suatu televisi yang kini sedang di gadang-gadang menjadi televisi canggih. Televisi yang di maksud yakni smart TV dan Android TV.

Keduanya berbeda dengan model televisi pada umumnya. Sebab, keduanya sama-sama canggih dan cukup banyak di cari karena menawarkan berbagai fitur hiburan yang menyenangkan. Belum lagi, ada kemudahan yang hanya akan di dapatkan pada model televisi ini saja.

Meskipun keduanya sama-sama canggih, namun pastinya ada perbedaan di antara keduanya. Baik dari aplikasi, pengoperasian hingga yang lainnya. Perbedaan keduanya juga dapat menjadi pertimbangan untuk memutuskan, mana yang lebih baik untuk di pilih berdasarkan dengan kebutuhan dan keinginan. Berikut simak perbedaannya.

Baca Juga:Harganya Terjangkau dan Sama-sama Memiliki RAM 8 GB, Tapi Apa Perbedaan HP Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro? Simak Perbedaannya di SiniLagi Bingung Cari Antena yang Cocok untuk Smart TV? Ini 3 Rekomendasinya dengan Kualitas yang Terbaik

Perbedaan Smart TV dan Android TV

– Smart TV

Dari segi sistem operasi yang di gunakan yakni tergantung pada merek yang di pilih. Namun secara umum, akan menggunakan WebOS dan Tizen. Mengenai aplikasi yang di tawarkan, hanya ada beberapa aplikasi saja yang merupakan aplikasi bawaan dan sayangnya, akan sulit untuk mendapatkan pembaruan dari aplikasi.

Smart TV juga mempunyai fitur canggih yang di bekali untuknya yakni berupa fitur suara, namun tak secanggih Google Assistant. Fungsi dari fitur suara ini yaitu agar memudahkan penggunanya untuk mengatur televisi hanya dengan menggunakan suara saja.

Kemudian, smart TV juga bisa melakukan mirroring dari smartphone ke TV. Hanya saja, tidak seperti Android TV yang sudah di lengkapi dengan Chromecast. Tapi, soal pengoperasian, smart TV lebih user friendly atau lebih mudah untuk di operasikan. Terutama bagi yang belum terbiasa menggunakan perangkat berbasis Android.

– Android TV

Setelah menyimak penjelasan mengenai smart TV, maka simak penjelasan mengenai Android TV. Sesuai dengan namanya, Android TV menggunakan OS Android layaknya perangkat pintar seperti smartphone yang berbasis Android sehingga tentunya di dukung oleh Play Store.

Dengan adanya Play Store, maka aplikasi yang tersedia akan lebih banyak dan beragam. Soal pembaruan pun, Android TV cenderung lebih aktif atau kerap melakukan pembaruan untuk aplikasi yang tersedia. Hal lainnya yakni dari segi asisten suara, Android TV telah menggunakan Google Assistant. Sama seperti pada smart TV yang juga mempunyai fitur asisten suara, hanya saja Google Assistant di gadang-gadang lebih hebat.

Dari segi mirroring, Android TV lebih mudah untuk di gunakan karena terdapat Chromecast. Namun, dari segi pengoperasiannya, Android TV lebih sulit di operasikan. Apalagi bagi yang belum terbiasa dengan perangkat pintar yang mengusung sistem operasi Android.

Mending Mana?

Jika membandingkan antara keduanya, dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Jika terbiasa dengan sistem operasi Android dan ingin mempunyai beragam aplikasi, maka pilihlah Android TV. Namun jika ingin yang lebih sederhana secara pengoperasian dan tampilannya, maka dapat memilih smart TV.

0 Komentar