Potensi Wisata Embung Kirota

0 Komentar

Sementara itu, keberadaan Embung Kirota Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon butuh perhatian dari pemerintah. Embung Kirota yang sebelumnya dibangun untuk mengairi lahan pertanian Desa Kalideres namun saat ini akan dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Keberadaan Embung Kirota yang sebelumnya dibangun untuk pengairan sawah di Desa Kalideres, kini dimanfaatkan menjadi destinasi wisata di Kabupaten Cirebon. Setelah SK desa wisata dikeluarkan pemerintah, Kuwu Desa Kalideres, Suherni berusaha mengembangkan wisata di desanya.

Suherni mengatakan, Desa Kalideres hanya mengandalkan tadah hujan untuk mengairi 200 hektar lahan pertanian. Sehingga pemerintah desa yang terdahulu membuat sebuah embung di tahun 2005 agar bisa mengairi lahan pertanian.

Baca Juga:Jalan Kabupaten Menuju Embung Kirota Rusak Parah Anak Putus Sekolah Di Brebes Capai 11.506 Orang

Dimasa jabatannya, kuwu berharap potensi Embung Kirota bisa mendatangkan pendapatan untuk desa. Sehingga dirinya akan berusaha maksimal untuk membenahi fasilitas, mulai dari umkm, gazebo, mushola hingga fasilitas yang menunjang untuk destinasi wisata. Namun, pemdes berharap bantuan dari pemerintah untuk pengembangan wisata.

Sementara, Embung Kirota juga membutuhkan perbaikan, salah satunya perbaikan pintu air yang mengalami kerusakan cukup parah hingga terjadi kebocoran di beberapa titik

0 Komentar