Launching Desa Mandiri Pengolahan Sampah

0 Komentar

Pemerintah Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon, berusaha menyelesaikan persoalan sampah ditingkat desa. Guna menangani persoalan sampah, desa memberikan tabungan sampah daur ulang yang bisa menghasilkan pundi pundi rupiah setiap kilonya.

Launching desa mandiri dalam pengelolaan sampah, digelar di Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon, Senin pagi. Hadirnya bank sampah maju bersama di desa tersebut, diharapkan dapat menangani persoalan sampah di tingkat desa.

Lewat bank sampah, warga bisa menabung pundi pundi rupiah. Tentu saja buku tabungan yang didapatkan para nasabah sampah nantinya bisa dipergunakan untuk kebutuhan mendesak maupun bisa diambil saat lebaran nanti. Penanganan sampah ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:Material Logistik Pemilu Mulai Berdatangan  Droping Air Bersih Masih Disalurkan Daerah Krisis Di Brebes

Kuwu Desa Kalideres, Suherni mengatakan, dengan hadirnya bank sampah ini, taraf hidup masyarakat desa bisa meningkat. Tentu saja dengan atas kerjasama yang baik dengan Dinas Lingkungan Hidup, kegiatan ini bisa berjalan dan penanganan sampah di Kabupaten Cirebon bisa selesai di tingkat desa.

Sementara, saat ini DLH terus berusaha mendorong desa desa yang ada di Kabupaten Cirebon untuk bergerak menjadi desa mandiri dalam pengelolaan sampah. Selaku pemerintah, DLH hanya menginisiasi untuk menggerakkan masyarakat agar peduli terhadap persoalan sampah. DLH pun mengingatkan para kuwu yang mempunyai potensi untuk menangani persoalan sampah, diberikan prioritas untuk penanganan sampah di tingkat desa

0 Komentar