Masjid Al Jabbar Simbol Kecemerlangan Arsitektur Islam di Bandung Kini Rame Oleh Pengunjung

Masjid Al Jabbar Simbol Kecemerlangan Arsitektur Islam di Bandung Kini Rame Oleh Pengunjung
destinasi masjid al jabar/foto:https://aljabbar.jabarprov.go.id/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Masjid Al Jabbar adalah salah satu masjid baru di Jawa Barat yang di resmikan pada Desember 2022. Masjid Al Jabbar berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat.

Lantas, bagaimana sejarah pembuatan Masjid Al Jabbar? Apa saja aturan yang perlu di ketahui sebelum berkunjung ke Masjid Al Jabbar? Simak informasinya di bawah ini.

Lokasi Masjid Al Jabbar

Di lansir situs resmi Kota Bandung, Masjid Al Jabbar terletak di Jl. Cimincrang No.14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Masjid ini juga di kenal dengan sebutan ‘Masjid Terapung’

Baca Juga:Swiss Berhotel Cirebon Gelar Fun Run Untuk Memperingati HUT 1 DekadeFuji Kembali Viral di TikTok Fenomena Kembalinya Kejayaan

Masjid yang di bangun di lahan seluas sekitar 25 hektare ini memiliki kapasitas sekitar 30.000 orang, dengan rincian 10.000 orang di area dalam (indoor) dan 20.000 orang di area plaza.

Fungsi Masjid Raya Al jabbar sebagai Tempat Ibadah, Pusat Edukasi dan Wisata Religi

Selain bangunan masjid dan danau, di lahan seluas 26 Ha ini juga terdapat taman-taman tematik tentang kenabian yang menarik untuk di kunjungi oleh berbagai kalangan. Di sisi timur masjid, berdiri sebuah patung kaligrafi “Al Jabbar” berwarna emas karya seniman terkemuka.

Patung ini berdiri di atas plaza bundar yang permukaannya di lapisi teraso buatan tangan dengan motif Wadasan berwarna biru dan kuning cerah yang memberikan kesan elegan.

Kemudian, di sisi timur ini juga terdapat beberapa aksentuasi khas masjid Turki yaitu pelataran besar di kelilingi koridor dengan naungan di hiasi kaca patri warna-warni, serta paviliun wudu dengan keran air bertempat duduk yang berhiaskan mozaik cantik karya tangan perajin Jawa Barat.

Tidak salah bila di katakan pembangunan Masjid Raya Al Jabbar telah membuka lapangan kerja yang tidak hanya melibatkan ribuan tukang bangunan berpengalaman, tetapi juga ratusan tangan-tangan terampil perajin lokal yang telah memperindah Masjid Raya Al Jabbar ini.

Pada masa mendatang, semua yang sudah terbangun di Masjid Raya Al Jabbar; seperti museum, danau, plaza, dan taman-taman, akan membuat masjid ini tidak hanya memiliki fungsi ibadah, tetapi juga fungsi edukasi dan berpotensi sebagai pusat wisata religi Jawa Barat.

Kedua fungsi terakhir ini terbuka untuk semua kalangan masyarakat yang ingin belajar dan menikmati wisata religi.

0 Komentar