Museum Masjid Al Jabar

0 Komentar

Masjid Al-Jabar merupakan masjid yang diresmikan pada bulan Desember 2022, selain megah dan luas, terdapat meseum yang menggunakan diorama, kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW, dan penyebaran agama Islam di Jawa Barat.

Masjid Al Jabar merupakan masjid yang diresmikan pada Desember 2022, yang berlokasi di Kota Bandung Jawa Barat. Masjid Al Jabar memiliki lahan seluas 25 hektar, di Masjid Al Jabar ini selain keindahan masjid yang megah dan luas, dan berada di tengah-tengah danau buatan. Terdapat keistimewaan lainnya, yakni keberadaan museum sejarah Nabi Muhammad SAW, dan sejarah perkembangan Islam di Jawa Barat.

Disini pengunjung bisa melihat langsung diorama, dengan penggunaan teknologi digital terkini. Mulai dari, silsilah Rasulullah SAW, Nabi mendapatkan wahyu pertama di Gua Hiro, sejarah dakwah Rasullah, perjalanan hijrah Nabi Muhamad bersama sahabat, dan perang Islam pada zaman Rasulullah.

Baca Juga:Menikmati Ayam GuntingPLN Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Penyediaan Listrik

Selain itu juga, kita bisa melihat sejarah masuknya Islam di Jawa Barat, hingga ke Cirebon.  Syekh Nurjati adalah tokoh utama yang menyebarkan agama Islam di Cirebon, selain itu, kita bisa melihat sejarah masjid tertua di Cirebon yakni, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, yang dibangun pada masa Syekh Sunan Gunung Jati. Dan perkembang pesantren di Jawa Barat.

Masjid Al Jabar ini, bukan hanya memiliki fungsi untuk beribadah, tapi juga memiliki fungsi edukasi yang mempelajari sejarah Rasulullah SAW dan perkembangan Islam di Jawa Barat, yang sangat cocok untuk dikunjungi, dan menjadi tempat wisata religi, untuk mengenal sejarah perjalanan Rasulullah hingga sejarah masuknya Islam di Jawa Barat. Pengunjung bisa membaca seputar perkembangan Islam, dengan menggunakan teknologi interactive touch read, dengan teknologi tersebut, pengunjung bisa mengakses dengan cara menyentuhnya

0 Komentar