7 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan! Mulai Dari Kesehatan Mata, Jantung, Hingga Menurunkan Risiko Kanker

halodoc.com
halodoc.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Buah-buahan memang menjadi salah satu makanan yang mengandung banyak khasiat dan vitamin tinggi. Apalagi di cuaca ekstrem saat ini yang mengharuskan kita untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat ialah buah semangka.

Semangka (Citrullus lanatus) merupakan buah kaya manfaat yang yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman yang satu ini memang memiliki hubungan dengan labu-labuan, melon, dan ketimun. Semangka ini biasa di konsumsi dengan cara di makan langsung atau bahkan di jus.

Mungkin banyak yang mengira bahwa semangka hanya memiliki daging yang berwarna merah, tetapi daging buah ini ada juga yang memiliki warna merah atau kuning. Ada juga semangka dengan biji serta semangka yang tidak memiliki biji. Hal ini tergantung pada jenisnya. Untuk lebih jelas lagi, berikut ini beberapa manfaat buat semangka.

Baca Juga:Olivia Rodrigo Dikabarkan Dekat dengan Aktor Tampan Pemain Enola Holmes Louis Patridge! Bagaimana Hubungan Kedekatan Mereka?Swifties Merapat! Cek Jadwal dan Harga Film Taylor Swift the Eras Tour Kita Seru-seruan Bareng: Ajak Kerabat Terdekat Kamu

Manfaat Buah Semangka

Sebelum itu, perlu kamu ketahui juga beberpa kandungnan yang ada di dalam buah tersebut.

  • Air yang tinggi sekitar 92%.
  • Karbohidrat sekitar 7%.
  • Protein sekitar 1%.
  • Lemak sekitar 0,2%.
  • Serat sekitar 0,4%. 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Semangka ini mengandung senyawa antioksidan dan lycopene yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan tersebut bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Kemudian, buah ini pun banyak mengandung vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. 

2. Dapat Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Menurut informasi dari Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology, kandungan senyawa yang bernama citrulline dalam buah ini bisa membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat dapat membantu melonggarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

3 . Mengurangi Kadar Kolesterol

Buah yang mengadung serat tinggi ini memang sangat rendah lemak jenuh. Oleh karenanya bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, sehingga semangka bisa membantu mencegah penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lain dari buah semangka ini bisa meningkatkan kesehatan mata. Buah yang mengandung vitamin A, C, dan lutein, yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Lalu, antioksidan bisa melindungi kesehatan mata dari paparan radikal bebas yang memicu degenerasi makula.

Kandungan yang terdapat pada air semangkan juga mampu menghidrasi mata sehingga menjaga kelembapan mata.

Baca Juga:Cuaca Ekstrem Kembali Melanda! Viral Hujan Es di Palembang Kejadian Langka yang Tak Perlu Panik: Ternyata Ini PenyebabnyaKembali Harus Menggunakan Masker Ini Dia Beberapa Wilayah Paling Berpolusi, Jakarta Berada Diurutan Ketiga Sebagai Kota Berpolusi Di Dunia!

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan yang di miliki vitamin A dan C pada semangka bisa membantu menjaga kesehatan kulit, dan melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Tak hanya itu saja, buah ini juga mengandung air yang sangat tinggi sehingga bisa membantu kamu dalam menjaga hidrasi kulit tetap optimal.

Semangka ini mengandung senyawa antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit. Peradangan bida menyebabkan kulit merah dan bengkak, namun dengan mengonsumsi semangka, kulit bisa menjadi lebih tampak lebih sehat.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan Lycopene pada semangka memiliki efek antikanker dan membantu melindungi tubuh dari risiko kanker. Likopen ini mampu membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang terjadi karena radikal bebas, yang menyebabkan perkembangan sel kanker. 

Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan, bahawa dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan likopen, termasuk semangka, dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat.

7. Menghidrasi Tubuh dengan Baik

Agar bisa menjaga tubuh terhidrasi dengan baik adalah hal penting supaya tubuh berfungsi secara optimal. Mengonsumsi makanan yang mengandung air tinggi menjadi salah satu cara yang bisa membantu kebutuhan cairan terpenuhi setiap harinya.

***

0 Komentar