Ini Dia Menara Jam yang Terkenal di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!

Ini Dia Menara Jam yang Terkenal di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh!
jam terbesar di dunia: traveloka.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Jam merupakan salah satu benda yang paling penting karena bisa menunjukkan waktu. Bahkan sejak zaman dulu, orang-orang sudah membuat jam sendiri. Salah satunya adalah jam matahari.

Jam sendiri ada berbagai jenis, mulai dari jam tangan, jam digital, jam dinding, hingga menara jam. Ada banyak menara jam yang berdiri kokoh di beberapa negara, termasuk juga di Indonesia.

Beberapa jam terbesar di dunia termasuk juga di Indonesia di antaranya bahkan terkenal dan menjadi salah satu objek wisata, lo. Apa saja, ya?

Baca Juga:Serba Bisa Si Buah Lemon: Manfaat Ajaib yang Akan Membuat Kamu Suka Pada Buah Sakti IniSi Manis dan Sehat: Manfaat Madu Bagi Kesahatan yang Mengejutkan

1. Big Ben di London, Inggris

Siapa yang tidak tahu Big Ben? Hampir semua orang pasti tahu ikon Kota London ini. Menara jam yang berada di Istana Westminster ini sebenarnya bernama resmi Elizabeth Tower. Big Ben selesai di bangun pada 1858 lalu, tapi mulai di buka untuk umum pada 1859 atau tepat 160 tahun yang lalu.

2. Joseph Chamberlain Memorial Clock Tower di Inggris

Selain Big Ben, Inggris juga memiliki menara jam lain yang tidak kalah terkenal, yaitu Joseph Chamberlain Memorial Clock Tower. Menara jam yang juga sering di sebut sebagai Old Joe ini berada di Universitas Birmingham. Menara ini di namakan seperti itu untuk menghormati Joseph Chamberlain, rektor kehormatan pertama di universitas itu.

3. Jam Gadang di Bukittinggi, Indonesia

Nah, ini dia menara jam terkenal di Indonesia, yaitu Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatra Barat. Jam Gadang di bangun pada 1926 lalu dan memiliki tinggi sekitar 26 meter. Meski tidak setinggi menara jam di negara lain, Jam Gadang tetap menjadi objek wisata yang populer, lo.

4. Royal Clock Tower di Mekkah, Arab Saudi

Royal Clock Tower menjadi menara jam tertinggi di dunia dengan tinggi 601 meter. Menara jam ini selesai di bangun pada 2012 lalu dan langsung memecahkan rekor sebagai menara jam tertinggi. Bentuknya mirip dengan Big Ben, tapi berukuran hampir tujuh kali lebih tinggi.

5. Zytglogge Tower di Bern, Swiss

Zytglogge Tower sebenarnya merupakan menara jam astronomi yang di buat pada 1500 lalu. Menara ini memiliki dua bagian. Satu bagian menunjukkan jam seperti biasa. Satu bagian lagi menunjukkan hari dalam seminggu, tanggal, bahkan juga tanda zodiak saat ini.

6. Old Town Astronomical Clock di Praha, Ceko

Sama seperti Zytglogge Tower, Old Town Astronomical Clock juga merupakan menara jam astronomi. Menara yang berada di Praha ini menjadi objek wisata paling terkenal di Ceko. Menara ini juga menjadi salah satu jam astronomi tertua yang masih berfungsi sampai sekarang.

7. Philadelphia City Hall di Philadelphia, Amerika Serikat

Sesuai dengan namanya, Philadelphia City Hall ini merupakan menara jam yang berada di Philadelphia. Menara jam ini berada di balai kota dan memiliki tinggi sekitar 167 meter. Philadelphia City Hall merupakan salah satu balai kota terbesar di Amerika Serikat.

Baca Juga:Aman dan BijaK: Tips Beli HP Secara Online untuk Konsumen CerdasBagi yang Ingin Tahu Cara Install Windows 11? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini Hingga Selesai

8. Peace Tower di Ottawa, Kanada

Peace Tower berada yang berada di Ottawa menjadi salah satu ikon terkenal di Kanada. Menara jam yang tingginya sekitar 92 meter ini pernah hancur karena kebakaran hebat. Namun, tak lama setelah itu, menara ini mulai di bangun lagi, teman-teman.

9. Spasskaya Tower di Moskow, Rusia

Spasskaya Tower merupakan menara jam yang di bangun pada 1491 lalu. Menara ini berada di kawasan Red Square, salah satu tempat wisata terkenal di Moskow. Menara jam ini juga sering di sebut sebagai Saviour Tower, teman-teman.

10. Rajabai Clock Tower di Mumbai, India

Rajabai Clock Tower merupakan salah satu bangunan peninggalan Inggris yang terkenal di India. Karena itulah, menara yang berada di Mumbai ini memiliki arsitektur yang mirip dengan Big Ben. Tinggi Rajabai Clock Tower mencapai 85 meter, lebih kecil daripada Big Ben.

Nah, itulah beberapa menara jam terkenal di dunia. Mana yang sudah pernah teman-teman kunjungi?

0 Komentar