Menikmati Keindahan Alam Sumatera Barat: 6 Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi!

Menikmati Keindahan Alam Sumatera Barat: 6 Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi!
tempat wisata Sumatra barat: reddoorz.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Tempat wisata Sumatera barat. Sumatera Barat adalah provinsi yang kaya akan tambang, itu menghasilkan banyak jenis batu bara seperti emas, tembaga, nikel, dan gamping, antara lain. Dengan banyaknya wisata pegunungan, alam, dan pantai yang indah, wilayah ini dapat di gunakan sebagai destinasi wisata andalan di Provinsi Sumatera Barat.

Berlibur ke luar negeri untuk mencari tempat wisata yang indah tidak perlu, masih banyak tempat yang indah di Indonesia. Mungkin wisata di negara tercinta ini lebih menarik dan indah daripada di luar negeri. Sayangnya, banyak rekan kita yang belum menyadari keindahan alam dan potensi lainnya yang di tawarkan oleh negara kita yang tercinta ini.

Untuk kawan-kawanku yang ingin berlibur atupun ingin mengetahui tempat-tempat wisata di Sumatera Barat, berikut ada sedikit rangkuman tempat wisata di Sumatera Barat yang mungkin bisa memberi informasi dan pengetahuan bagi kamu semua.

Baca Juga:Inilah 12 Lagu BTS dari Album ‘MOTS:7’ yang Sesuai dengan Zodiak KamuASUS ROG Phone 6: Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Gaming Terbaru yang Perlu Kamu Ketahui!

1. Pulau Cubadak

Pulau cubadak terletak di Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pantai berpasir putih nan bersih. Ikon di pulau cantik ini ialah adanya teluk, batu karang dan tanjung. Sejauh mata memandang akan terlihat paronama laut yang biru dan pulau-pulau menghijau membuat penikmatnya sangat kerasan.

Kegiatan liburan yang bisa di lakukan oleh wisatawan manapun yaitu hiking ( berlayar ), snokerling bahkan bermain canoe. Keindahan dan keseruan akan semakin terasa, cobalah naik ke atas bukit pemandangan Pulau Cubadak akan terlihat utuh . Penginapannya berdeda dengan yang lainnya, di sini tersedia penginapan berbahan alami yang di kelola secara professional oleh investor Itali.

Para wisatawan yang berlibur di Pulau Cubadak pasti puas, karena fasilitasnya lengkap dan yang paling utama keindahan yang di milikinya dari perairan sampai daratan sangat memukau. Sebutan lain dari pantai yang elok nan surga di Pulau Cubadak adalah The Paradise of The South dengan luasnya sekitar 710 ha dan lebih di kenal dengan sebutan Pantai Pincuran Talu.

2. Kepulauan Mentawai

Kabupaten Mentawai merupakan destinasi wisata yang sudah Internasional, pantainya adalah tempat favorit bagi pecinta selancar. Secara geografis tempat wisata ini terletak di Samudera Hindia yang membuatnya memiliki ombak lumaya ekstrim dan sangat di buru oleh peselancar dari berbagai belahan dunia.

Kepulauan Mentawai sudah terkenal menjadi salah satu tempat berprtualang, wisata bahari, wisata budaya dan yang utama wisata surfing. Kepulauan ini merupakan rankaian pulau non-vulkanik di mana gugusan kepulauannya bagian dari satu punggung pegunungan bawah laut. Tercatat terdapat empat pulau yang membentuk Kepulauan mentawai yakni Pulau Siberut, Pulau Sipora , Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan.

3. Pantai Nirwana

Kata nirwana bermakna surga, karena keindahan yang di miliki oleh pantai tersebut sangat menajubkan bah surga. Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera yang berjarak 14 km dari Kota Padang. Sepanjang pesisir pantai di tumbuhi pohon kelapa yang membuat semakin indah, khususnya pada waktu air pantainya surut maka batu karang dan koral yang bertebaran menjadi incaran kamera para fotografer.

Pada bulan Juni-Agustus keindahan matahari terlihat jelas, indahnya sunset yang berpadu perahu nelayan membuat kesan yang tak terlupakan. Di saat senja, Pantai Nirwana berhiaskan lampu bangunan pelabuhan Teluk Bayur yang terlihat indah dan membuat suasana yang romantis.  Menuju ke Pantai Nirwana dapat di jangkau dengan transportasi umum dari pusat Kota Padang.

Baca Juga:Duel Superphone: iPhone 15 vs iPhone 14, Perbedaan Fitur dan HargaIni Dia Fitur Apple Watch Ultra 2, Berikut Spesifikasi dan Harganya

4. Danau Singkarak

Yang membentang di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Danau yang luasnya 107,8 km² adalah danau terluas ke-2 setelah Danau Toba. Banyak manfaat yang di hasilkan Danau Singkarak, salah satunya adalah pembangkit tenanga listrik. Air danau ini merupakan hulu dari Batang Ombolin.

Terbentuknya Danau ini adalah hasil dari proses tektonik dan danau ini merupakan bagian dari Cekungan Singkarak-Solok yang termasuk di antara segmen dari Sesar sumatera. Cekungan ini terbentuk dari amblesan akibat aktivitas pergerakan Sesar Sumatera. Saking dalamnya, bahkan tidak banyak jenis ikan yang mampu bertahan hidup di danau Singkarak ini.

5. Air Terjun Lembah Anai

Lokasinya yang berada di di sisi jalan, membuat tempat wisata ini ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar negeri. Keindahan alam yang di miliki obyek wisata Air Terjun Lembah Anai adalah citra alam yang masih sangat asri. Sumber air yang di curahkan berasal dari Gunung Singkalang, dengan air yang sangat jernih membuat siapapun betah berlama-lama menikmati kesejukan suasananya.

Jalan menuju lokasi dari Kota Padag ataupun Kota Bukit Tinggi akan melewati jalan yang cukup berkelok-kelok dan di lengkapi dengan pemandangan indah. Lokasi Air Terjun Lembah Anai tepatnya berada di Lembah Anai, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

6. Jembatan Sitti Nurbaya

Jembatan yang membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat menghubungkan pusat kota dengan seberang Padang dan akses menuju Gunung Padang. Pada malam hari di sekitar kawasan jembatan akan di penuhi penjual makanan yang menawarkan kuliner khas Padang.

Para pedagang menjual sate Padang, soto Padang, pisang Bakar, jagung bakar dan minuman khas sesuai selera. Selain itu Anda dapat menikmati keindahan lereng Gunung Padang berhiaskan kerlap-kerlip lampu dari pemukiman warga.

Tempat wisata Sumatera Barat menawarkan berbagai pengalaman wisata yang tak terlupakan, mulai dari alam yang menakjubkan hingga budaya yang kaya. Destinasi ini cocok untuk para pecinta alam, petualang, dan siapa saja yang mencari pengalaman wisata yang memikat di Indonesia.

0 Komentar