Mengukir Citra Rasa: Pengaruh K-Pop pada Kuliner Indonesia yang Meriah

Kimbab/Cakap
Kimbab/Cakap
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Artikel ini membahas bagaimana K-Pop memainkan peran kunci dalam memengaruhi tren dan variasi kuliner di Indonesia. Sekarang ini, penggemar kpop dan kdrama kian meningkat di Indonesia. Minat terhadap kuliner negara Asia Timur itu pun semakin meningkat pesat.

Kimbab/Cakap

Pengantar: K-Pop sebagai Katalisator Perubahan

Indonesia adalah salah satu negara dengan fans kpop terbanyak. Kecintaan mereka terhadap idola, membuat mereka sering mengikuti program-program atau acara yang dibuat oleh agensi idol tersebut. Dengan seringnya mereka melihat ini, lama-kelamaan mereka pun mengetahui berbagai kuliner Korea dan mulai mencobanya.

Menu Terinspirasi K-Pop: Menciptakan Pengalaman Kuliner yang Unik

Sekarang ini, banyak sekali kedai atau restoran dengan tema Korea. Mereka menyediakan menu-menu khas Korea seperti yang pernah kita lihat di kdrama atau konten acara idol Korea. Dekorasi dan pernak-pernik yang digunakan pun bertemakan kpop, untuk memanjakan para fans kpop tanah air yang jumlahnya sangat banyak. Mereka pun biasanya akan memutar lagu-lagu kpop yang telah dipesan sebelumnya oleh pengunjung yang datang.

Baca Juga:Victor Axelsen: Menguak Jejak Gemilang dan Kepribadian Unik Juara Bulu Tangkis DuniaMengungkap Kisah Hidup Sojin Girl’s Day: Biografi Penuh Warna dan Sukses

Tren Makanan Street Food: Gaya K-Pop yang Menggoda Selera

Street food adalah yang paling terkena dampak. Jika kita pergi ke pasar malam, atau pasar makanan di suatu daerah, kita dapat menemukan banyak jajanan khas Korea. Beberapa di antaranya seperti topokki, ramen, gurita dengan jamur enokki, corndog seperti yang ada di Korea, odeng, kimbab, bahkan roti goreng ikan mas. Semua makanan-makanan ini memiliki banyak penggemar dan selalu laris di pasaran.

Menggabungkan Rasa Lokal dengan Gaya K-Pop: Fusion Kuliner yang Menggoda Lidah

Beberapa penjual atau content creator bahkan mencoba menggabungkan budaya kuliner Korea dengan budaya kuliner setempat. Misalnya ada penjual yang menyajikan seblak topokki. Bahkan para ibu rumah tangga pun tak mau ketinggalan. Mereka membuat kreasi bekal untuk anak dan suami mereka dengan cara fusion kuliner ini. Beberapa dari mereka akan menyajikan makanan lokal dengan kimchi, atau menyajikan makanan lokal dengan kimbab buatan mereka sendiri.

Dampak Sosial dan Ekonomi: K-Pop sebagai Pendorong Industri Kuliner

Sejauh yang terlihat peristiwa ini menimbulkan dampak positif. Minat terhadap kuliner Korea yang tinggi menyebabkan banyak orang beralih profesi menjadi penjual makanan tersebut. Beberapa di antaranya bahkan mampu mendulang kesuksesan dan membuka lapangan kerja untuk orang lainnya.

0 Komentar