Mari Melangkah Dengan Pasti Ini Dia Cara Merawat Mesin Cuci !

Mari Melangkah Dengan Pasti Ini Dia Cara Merawat Mesin Cuci !
Mari Melangkah Dengan Pasti Ini Dia Cara Merawat Mesin Cuci !
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- cara merawat mesin cuci masih belum banyak orang yang tahu walaupun kegiatan mencuci tumpukan pakaian kotor dengan tangan pasti sangat melelahkan dan membosankan.

Oleh sebab itu kita mengandalkan mesin cuci untuk melakukan pekerjaan rumah tangga yang satu ini.

Mesin cuci yang sering di gunakan rentan mengalami keausan sehingga menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen.

Baca Juga:Yuk Rawat Dari Sekarang Juga ! ” 7 Langkah Pasti Cara Merawat Motor Dengan Baik”Biar Tetap Aman, 4 Trik Cara Membersihkan Bunga Es Kulkas,Yuk Simak !

Untuk menghindari hal ini terjadi, lakukan perawatan baik pada bagian dalam maupun bagian luar mesin cuci.

Melansir dari The Urban Guide, Jumat (29/4/2022), berikut ini 7 tips menjaga mesin cuci tetap awet dan terlihat seperti baru.

Pembersihan menyeluruh Seiring berjalannya waktu, mesin cuci akan kehilangan efisiensinya.

Kamu mungkin akan menyadari jika ada pakaian yang tidak tercuci dengan bersih. Ini bisa jadi di sebabkan oleh residu kotoran yang mengendap di dalam mesin cuci dan air.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya lakukan pembersihan mendalam pada mesin cuci. Gunakan pembersih khusus mesin cuci yang dapat mengangkat kerak membandel.

Bersihkan karet gasket Karet gasket merupakan komponen terpenting mesin cuci, setelah di gunakan cukup lama karet gasket mungkin akan mengalami keausan.

Karet gasket ini membungkus tepi pengering dan melindungi pakaian dari kerusakan dan tangan dari ujung yang tajam.

Residu dari kotoran dan deterjen mungkin menempel pada karet sehingga perlu di bersihkan secara rutin.

Lindungi bagian luar mesin cuci Selain bagian dalam mesin cuci, perawatan bagian luarnya juga perlu di lakukan agar tampilan mesin cuci tetap bersih dan terlihat baru.

Baca Juga:Pilih Mana Bakwan jagung Atau Pergedel jagung,Apa Beda Nya,Ternyata Sama Loh !Tips Pdkt Dengan Pacar ,Yuk Simak Cara Ya Semoga Tidak Salah Langkah Ya !

Lap bagian depan, samping dan atas mesin cuci agar tidak ada residu air dan kotoran yang menempel.

Kamu bisa membersihkannya dengan cairan pembersih kaca agar lapisan luarnya tidak rusak dan mengelupas. Hindari meletakkan barang berat di atas mesin cuci agar tidak tergores.

Lindungi mesin cuci dari tumpahan Residu dari deterjen atau pelembut pakaian yang tumpah dapat menjadi lengket dan berbau tak sedap.

Cara terbaik untuk membersihkan residu lengket ini adalah dengan menyekanya dengan cairan pencuci piring ringan.

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam drum dengan kain lembab karena serat, deterjen, dan residu kotoran akan semakin menumpuk seiring waktu.

Biarkan pintu terbuka Setelah menggunakan mesin cuci, kita cenderung menutup pintu mesin cuci agar tidak ada kotoran dan debu yang masuk.

Namun ternyata ini adalah cara yang salah, biarkan pintu mesin cuci terbuka selama 15 hingga 30 menit setelah proses pencucian.

Udara yang masuk dan keluar dari mesin cuci dapat mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri. Dengan membiarkannya terbuka, kelembaban akan berkurang sehingga meminimalisir kerusakan akibat komponen kecil yang rentan karat.

Kamu juga bisa menyeka bagian dalam mesin cuci dengan handuk kering setelah 15-30 menit dan biarkan sisa kelembaban mengering.

Periksa selang Baik mesin cuci semi otomatis maupun otomatis memiliki tiga selang yang dua di antaranya adalah saluran masuk dan satu saluran keluar.

Pastikan saluran masuk terhubung dengan benar ke sumber air dan tidak ada keretakan atau kebocoran.

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kondisi outlet atau selang pembuangan dari waktu ke waktu. Karena mengeluarkan air kotor, serat dan partikel kain mikro sering menumpuk di filter saluran pembuangan dan menyumbat pipa.

Gunakan deterjen dengan tepat Sebaiknya gunakan deterjen yang sesuai untuk mesin atau pencucian manual.

Pilih deterjen dengan kandungan ringan dan tidak bersifat basa untuk menjaga warna dan serat pakaian. Selain merusak pakaian, deterjen yang keras juga akan merusak mesin cuci mu.

Itu dia beberapa cara mencaga mesin cuci dengan baik semoga bermanpaat ya,selamat mencoba juga.

0 Komentar