Petilasan Ki Buyut Sela Pandan

0 Komentar

Petilasan Pangeran Cakrabuana, banyak ditemui di beberapa lokasi, salah satunya petilasan Ki Gede Sela Pandan. Nama Ki Gede Sela Pandan merupakan sebutan atau nama lain dari Pangeran Cakrabuana, gelar yang diberikan kerajaan samudera pasai saat membantu meredam wabah penyakit.

Petilasan Ki Gede Sela Pandan, sudah ada sejak tahun 1480. Berdasarkan riwayat sejarah dari juru kunci, Ki Gede Sela Pandan merupakan nama lain atau sebutan dari Pangeran Cakrabuana atau Pangeran Walangsungsang.

Pada masa itu, saat Pangeran Cakrabuana pulang dari haji, mampir di Samudra Pasai Aceh. Di mana wilayah tersebut terkena wabah mematikan, Sultan Aceh pada masa itu, minta didoakan agar terhindar dari penyakit.

Baca Juga:Jumlah DPT Di Kota Cirebon Sekira 250 RibuEdukasi Moral Peduli Palestina

Pangeran Cakrabuana kemudian tafakur berdoa kepada Sang Pencipta di Gua Batu, yang disekelilingnya banyak pohon pandan. Sehingga di beri gelar Ki Gede Sela Pandan.

Saat kembali ke Cirebon, Sultan Aceh, meminta agar putrinya Nyi Mas Mutmainah, dititipkan ke Pangeran Cakrabuana, di bawa ke Cirebon, yang kelak merupakan Nyi Mas Gandasari

0 Komentar