Simak Tips Menjaga Rumah Saat Musim Hujan Agar Terhindar dari Hal yang Tak Diinginkan

Simak Tips Menjaga Rumah Saat Musim Hujan Agar Terhindar dari Hal yang Tak Diinginkan
Cara Menjaga Rumah Saat Musim Hujan (Freepik/@user17596162- disway)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ketika musim hujan datang, akan ada banyak kekhawatiran yang muncul. Salah satunya yaitu kebocoran atau rembesnya air ke dalam rumah. Maka, di perlukan langkah untuk menjaga rumah saat musim hujan agar rumah terhindar dari rembesan. Untuk itu, ketahui beberapa hal berikut yang perlu di lakukan agar rumahmu terlindungi.

1. Periksa Bagian Atap Hingga Dinding

Atap rumah merupakan bagian penting yang perlu di waspadai saat musim hujan. Pastikan jika atap sudah di periksa secara rutin agar di ketahui apakah ada kerusakan atau tidak. Jika ada kerusakan, maka segeralah untuk memperbaikinya misalnya dengan menambah lapisan cat anti bocor.

Lalu periksa juga bagian dinding. Ketika musim hujan, biasanya dinding akan lebih lembab di banding biasanya. Jika dinding lembab, maka akan ada kemungkinan akan muncul jamur hingga tembok menjadi bergelembung. Kemudian, jangan biarkan dinding menjadi retak. Jika retak segera perbaiki dengan menambal menggunakan campuran semen khusus kemudian olesi dengan cat plamir.

Baca Juga:Siap Nge-Istora Lagi? Simak Harga Tiket Daihatsu Indonesia Masters 2024, Penjualan Akan Berlangsung Mulai Hari Ini!Takut Rumahmu Ngerembes? Berikut, Rekomendasi Cat Tembok yang Tahan Air Saat Musim Hujan

2. Pastikan Jendela dan Pintu Tidak Keropos

Langkah menjaga rumah saat musim hujan berikutnya yaitu dengan memastikan agar jendela dan pintu tidak keropos. Pintu dan jenedela merupakan salah satu bagian yang akan terdampak, apalagi jika tidak di lindungi dengan kanopi dan menggunakan material kayu.

Untuk itu, pastikan jika kusen dari pintu dan kayu telah di beri lapisan cat khusus tahan air agar dapat terlindungi dari percikan air hujan yang akan berdampak pada pengeroposan kayu.

3. Periksa Saluran Air

Tidak kalah penting yaitu dengan memeriksa bagian saluran air. Seperti selokan di sekitar rumah. Pastikan tidak ada yang menghambat aliran selokan agar air hujan dapat tersalurkan dengan baik menuju selokan.

4. Periksa Jaringan Listrik

Pastikan jika tidak ada kerusakan pada instalasi listrik agar terhindar dari hubungan arus pendek. Sebab, jika instalasi listrik rendah dan terdapat genangan air, maka dikhawatirkan akan mengenai jaringan listriknya.

0 Komentar