Bisa Nyicil Sesuka Hati: 5 Cara dan Syarat Kredit Mobil, Kamu Harus Perlu Tahu!

Bisa Nyicil Sesuka Hati: 5 Cara dan Syarat Kredit Mobil, Kamu Harus Perlu Tahu!
cara dan syarat kredit mobil: hondabintang.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Kamu ingin membeli mobil, tetapi uang kamu terbatas? Jangan khawatir karena kamu dapat membelinya secara kredit. Kamu hanya perlu memiliki uang untuk membayar uang muka atau DP, dan mobil pun dapat dikirim ke rumah kamu oleh dealer.

Oya, kredit mobil tidak hanya berlaku untuk mobil baru tapi juga mobil bekas, lho. Nah berikut cara dan syarat kredit mobil baru maupun bekas yang harus kamu ketahui sebelum pergi ke leasing.

1. Pilih leasing tepercaya

Bila kamu mau nyicil mobil dengan mudah dan aman, kamu perlu mengunjungi dealer mobil resmi dan mencari tahu tentang syarat kredit mobil tersebut. Terlebih bila dana yang di sediakan kurang, kamu bisa memilih leasing yang terpercaya supaya tidak terjadi penipuan.

Baca Juga:Panduan Buat Kamu yang Mau Kredit Mobil Bekas: Simak Cara dan Syarat Kredit Mobil Bekas Paling LengkapTenang, Ada yang Terjangkau Kok! 5 Rekomendasi Motor Adventure Paling Nyaman Buat Bertualang

Langkah pertama yang perlu kamu gunakan untuk mengajukan kredit yaitu pastikan kamu berusia 21 sampai 60 tahun pada saat kredit lunas, kedua memiliki pendapatan yang tetap per bulannya, ketiga, si pengaju kredit merupakan (WNI) atau warga negara Indonesia dengan di buktikan melalui identitas KTP.

2. Berkonsultasi dengan pihak leasing

Selanjutnya, bila kamu sudah menemukan pihak leasing, kamu perlu tanyakan lebih jauh seputar bagaimana sistem pembelian mobil secara kredit. Pastikan kamu mengetahui informasi yang cukup banyak ya supaya dapat mempertimbangakan metode kredit ini.

Nah, bila kamu hanya ingin tukar tambah mobil, penggunaan metode kredit perlu di waspadai karena jika kamu belum meriset sistem pembayaran dan pembiayaan lainnya, maka berhati-hati dengan resiko yang di hadapi. Segera konsultasi dan menanyakan hal seprti uang muka, nominal cicilan, durasi cicilan dan besar bunga. 

3. Menentukan kartu kredit

Syarat kredit selanjutnya adalah menentukan masa jatuh tempo pembiayaan mobil kamu sesuai kemampuan. Misalnya ada yang menawarkan pelunasan kredit pad 12, 24, 48, dan 60 bulan.

Sebaiknya kamu perlu mempertimbangkan masa tenor tersebut sesuai dengan keuangan yang di miliki. Dari semua cara dan persyaratan hal yang cukup sulit yaitu mengambil keputusan pada masa tenor karena ini di sesuaikan dengan kestabilan keuangan kamu. 

4. Dow payment dan suku bunga

Cara dan syarat kredit mobil selanjutnya adalah mempertimbangkan down payment (DP) dan suku bunga. Kamu bisa mengkonfirmasi pihak leasing yang menawarkan DP yang fleksibel misalnya, 10 persen, 30 persen, 40 persen dan lainnya. Nah bila DP yang di bayarkan semakin besar, maka semakin kecil kredit yang di lunasi.

Nah, bila masalah bunga, kamu bisa tanyakan langsung ke pihak leasing tentang pemberlakukan sistem bunga tetap atau mengikuti bunga pasar. Sebab, bila menggunakan sistem bunga tetap, maka hal tersebut cukup menguntungkan pembeli. 

Baca Juga:Ketangguhannya Melampui Waktu: 5 Mobil Paling Tangguh yang Masih Eksis!Perlu Diperhatikan Sebelum Memesan Tiket Kereta Api: Perbedaan Gerbong Kereta Api Sesuai Kelas dan Sub Kelas, Sudah Tahu?

5. Siapkan dokumen

Cara dan syarat membeli mobil kredit yang terakhir adalah mempersiapkan dokumen sebagai syarat pengajuan kredit. Beberapa persyaratan dan berkas administrasi yang perlu kamu persiapkan seperti KTP, kartu keluarga, NPWP, Slip gaji, bukti bayar PBB, rekening listrik, rekening koran beserta tabungan 3 bulan sebelumnya.

Bukan hanya itu, kamu perlu menyiapkan tagihna kredit selama 3 bulan terakhir dan memiliki keterangan izin praktik untuk profesional serta akta izin pendirian perusahaan dan SIUP bagi pengusaha.

Nah, gimana sudah paham dong cara dan syarat membeli mobil kredit? jangan lupa untuk terus berkonsultasi dengan dealer dan liesing terpercaya agar proses kredit dapat berjalan tuntas.

0 Komentar